Resep Cara Mengolah Rumput Laut Untuk Es Campur yang Lezat

Cara mengolah rumput laut untuk es campur sangatlah mudah. Hidangan es campur rumput laut ini memang sangat segar jika disajikan pada saat siang hari yang terik. Selain enak, rumput laut juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya yaitu bisa membantu melancarkan pencernaan dan mampu untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Namun dalam pembahasan kali ini tidak akan memberikan manfaat dari rumput laut tapi akan diberikan bagaimana cara membuat es campur rumput laut yang lezat.

Cara Mengolah Rumput Laut Basah Sebelum Dibuat Es Campur

Untuk mendapatkan rumput laut yang sudah siap dikonsumsi memang tidak sulit. Namun banyak orang yang lebih memilih rumput laut basah untuk dijadikan sebagai campuran dalam es campur. Hal ini dikarenakan rumput laut basah lebih alami dan masih banyak kandungan vitamin serta mineralnya. Namun sebelum diolah menjadi es campur, Anda perlu mengolah rumput laut basah ini terlebih dahulu. Adapun cara mengolah rumput laut basah yaitu:
  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menempatkan rumput laut pada saringan, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin yang mengalir. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel pada rumput laut basah.
  • Setelah itu, rebus rumput laut dengan menggunakan air sampai mendidih. Rumput laut ini cukup dimasak selama 2 menit saja. Terlalu lama memasak rumput laut dalam air mendidih bisa membuat rumput laut menjadi hancur. Selain itu, rumput laut yang terlalu lunak juga mempunyai rasa yang kurang sedap.
  • Selanjutnya tiriskan rumput laut yang sudah dididihkan tadi lalu siram dengan menggunakan 1 liter air es. Pastikan jika air es langsung mengalir setelah disiramkan.
  • Langkah selanjutnya simpan rumput laut dalam lemari es selama kurang lebih 5 menit kemudian olah menjadi es campur yang lezat.

Resep Es Campur Rumput Laut Lezat

Nah, jika rumput laut basah sudah siap digunakan maka Anda bisa mengolahnya menjadi es campur yang lezat. Cara mengolah rumput laut untuk es campur ini sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan berikut ini:
  1. 50 gram rumput laut basah
  2. 50 gram jelly
  3. 50 gram melon dipotong dadu
  4. 50 gram daging kelapa muda
  5. 100 ml santan matang
  6. Es batu, sirup, dan susu kental manis secukupnya
Cara mengolah rumput laut untuk es campur dengan bahan yang sudah disiapkan diatas sangat mudah. Anda hanya perlu menata semua bahan diatas dalam sebuah mangkuk saji kemudian tambahkan santan dan sirup secukupnya. Agar rasanya lebih enak, Anda bisa menambahkan susu kental manis diatasnya. Selain dibuat es campur, rumput laut juga bisa diolah menjadi berbagai masakan. Cara memasak rumput laut ini bisa dicampur dalam masakan lainnya atau diolah menjadi sayur sederhana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel