Manfaat dan Cara Mengolah Biji Selasih Kering yang Benar

Pernahkah Anda memakan es selasih atau es telur kodok? Es selasih ini memang mempunyai cita rasa yang enak dan khas. Sebelum dibuat menjadi es yang enak, selasih ini mempunyai bentuk awal berupa biji kering. Cara mengolah biji selasih kering agar bisa menjadi es selasih yang enak sangat praktis. Hal ini dikarenakan Anda hanya cukup merendamnya saja dalam air. Setelah direndam, maka bentuk biji yang keras akan berubah menjadi empuk dan bisa dibuat es selasih yang lezat.

biji selasih direndam dengan air,biji selasih terbuat dari apa,cara membuat selasih mengembang,cara mengolah biji selasih mentah,cara merendam biji selasih,harga biji selasih,pohon biji selasih,
Baca juga : Daun Afrika

Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan

Nah, dalam pembahasan kali ini akan diberikan resep cara mengolah biji selasih mentah menjadi es yang lezat. Namun sebelum membahas resep cara mengolah biji selasih kering ini Anda perlu tahu manfaat dari biji selasih. Walaupun bentuknya kecil-kecil, namun biji selasih ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat biji selasih untuk kesehatan:
  • Membantu menurunkan kadar gula darah

Manfaat yang pertama dari biji selasih ini adalah dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Di dalam biji selasih mengandung zat insulin alami yang bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, biji selasih ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu minuman penderita diabetes.
  • Mengurangi stres

Bagi Anda yang mengalami tekanan berat dan stres, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi es biji selasih atau minuman dari biji selasih. Hal ini dikarenakan biji selasih mengandung zat penenang yang bisa mengurangi stres dan membuat pikiran menjadi segar kembali.
  • Mengobati infeksi kulit

Biji selasih yang seperti telur kodok ini ternyata juga bisa membantu mengobati infeksi pada kulit. Untuk mengobati infeksi pada kulit Anda membutuhkan biji selasih yang diambil langsung dari pohon biji selasih. Biji selasih ini kemudian dihaluskan lalu campur dengan sedikit air sampai menjadi pasta. Oleskan pasta biji selasih ini pada kulit yang infeksi.

Resep Es Timun Biji Selasih

Sangat menakjubkan bukan manfaat dari biji selasih ini? Nah, salah satu cara mengolah biji selasih kering yang paling mudah yaitu dengan membuatnya menjadi es yang lezat. Kali ini akan diberikan resep es timun biji selasih yang menyegarkan. Adapun bahan untuk membuat es timun biji selasih ini yaitu:
  • 2 sendok makan biji selasih
  • Es secukupnya
  • 200 gram timun
  • Sirup melon atau yang lainnya secukupnya
  • Air secukupnya
Bahan-bahan yang digunakan memang cukup sederhana dan mudah. Selain itu, cara mengolah biji selasih kering untuk menjadi es timun biji selasih yang enak juga mudah. Anda hanya perlu memarut timun yang sudah disiapkan kemudian letakkan dalam gelas dengan ditambah sedikit air dan sirup. Selanjutnya tambahkan biji selasih yang sudah direndam terlebih dahulu secukupnya lalu tambahkan es serut. Anda juga bisa menambahkan susu kental manis diatasnya untuk menambah rasa nikmat.

Baca Juga : Brosur Koperasi Pinjaman

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel