Cara Mengolah Ubi Cilembu Agar Lebih Legit dan Nikmat

Ubi cilembu adalah salah satu jenis ubi manis yang sangat terkenal memiliki rasa begitu legit dan manis dibandingkan dengan jenis ubi lainnya. Ubi yang sering dijadikan oleh-oleh terutama di daerah Jawa Barat ini memang begitu enak. Jika kita berniat membeli ubi cilembu mentah untuk dibawa sebagai oleh-oleh, tentunya kita harus tahu cara mengolah ubi cilembu agar hasil ubi yang didapatkan akan seenak jika kita membelinya dalam keadaan matang.

budidaya ubi cilembu,cara memasak ubi cilembu dengan happy call,harga oven ubi cilembu,harga ubi cilembu,harga ubi cilembu per kg,khasiat ubi cilembu,olahan ubi cilembu,resep ubi cilembu kukus,
Baca juga : Belimbing Wuluh

Biasanya ubi cilembu dijual dalam beberapa jenis. Yaitu ubi panggang, ubi kukus maupun ubi mentah untuk dibawa pulang dan diolah sendiri. Jika Anda membeli ubi cilembu mentah dalam jumlah banyak sebaiknya perhatikan cara penyimpanan ubi cilembu agar tak cepat busuk. Ubi cilembu mentah yang belum dicuci dapat bertahan hingga dua bulan asalkan penyimpanannya tepat. Yaitu letakkan di ranjang dan beri jarak dengan tanah. Susun dengan rapi ubi cilembu jangan ditumpuk satu sama lain. 

Sementara bila Anda membeli ubi yang telah dicuci atau dibersihkan, maka daya tahan penyimpanannya tak boleh lebih dari satu bulan. Karena itu, seringlah menyortir dan memeriksa apakah ubi ada yang mulai lembab, berjamur, kehitaman atau membusuk. Akan lebih baik jika Anda segera mengolah ubi cilembu, baik itu dengan digoreng, dipanggang, dikukus maupun dibakar dalam bara api. Ada berbagai cara mengolah ubi cilembu agar rasa manis madunya keluar, sesuaikan saja dengan selera Anda. 

Ubi cilembu akan terasa sekali legit dan manis madunya jika dipanggang. Cara memanggang ubi cilembu yang benar agar sari madunya keluar adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu. Bersihkan dengan menggunakan sikat pada kotoran yang menempel, lalu bagian kulit biarkan tetap ada sehingga tak perlu dikupas. Setelah itu, ditata di dalam oven. Panggang selama kurang lebih 1 hingga 2 jam. Selama memanggang, putar ubi sekali waktu agar tidak gosong.

Jika Anda menyukai cara mengolah ubi cilembu yang tradisional, membakar dengan bara api juga bisa dilakukan. Memasukan ubi diantara kayu bakar yang menyala akan menghasilkan ubi bakar dengan aroma yang khas dan enak. Cara lainnya adalah dengan mengukus ubi selama beberapa waktu menggunakan panci kukus biasa. Cara ini adalah cara yang paling sehat dan aman. Ubi kukus cilembu sangat baik sebagai salah satu sumber makanan balita karena teksturnya yang lembut dan tanpa minyak. 

Ingin mencoba cara mengolah ubi cilembu yang berbeda? Ubi cilembu seperti halnya jenis ubi lainnya pun bisa dijadikan berbagai jenis makanan tradisional. Misalnya gethuk ubi, yaitu ubi kukus yang ditumbuk hingga lembut kemudian dimakan bersama parutan kelapa. Membuat biji salak dari ubi cilembu tentunya akan menghasilkan biji salak yang lebih legit dan manis. Tentunya apapun olahan ubi cilembu yang akan Anda buat, Anda bisa berimproviasasi sendiri sesuai dengan selera.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel