Cara Mengolah Belimbing Wuluh Menjadi Manisan Yang Enak

Belimbing wuluh merupakan salah satu jenis belimbing yang rasanya sangat masam. Belimbing ini berbentuk lonjong mulus berukuran kecil dan biasanya tumbuh bergerombol di batang utama pohon bagian bawah. Umumnya belimbing wuluh hanya dimanfaatkan menjadi bahan tambahan dalam sayur asem. Namun jika Anda memiliki dalam jumlah banyak mengapa tidak mencoba membuat manisan belimbing wuluh? Cara mengolah belimbing wuluh menjadi manisan sangat mudah. 
Cara membuat manisan belimbing wuluh pertama adalah menyortir belimbing wuluh yang bagus dan tidak busuk. Kemudian mencuci belimbing wuluh sampai bersih. Belimbing wuluh yang dekat dengan permukaan tanah biasanya lebih kotor karena terkena percikan debu. Setelah itu, gunakan alat untuk mengepres belimbing wuluh agar airnya keluar. Jangan menumbuk karena akan membuat belimbing menjadi hancur. Cukup keluarkan airnya dengan cara dipress atau ditindih dengan benda berat. 

Selanjutnya setelah air berhasil dikeluarkan cara mengolah belimbing wuluh menjadi manisan adalah merendam sejenak belimbing wuluh di dalam air larutan injet atau kapur sirih yang bisa Anda beli di pasar tradisional. Rendam selama sekitar satu jam. Di tempat lain, siapkan panci dan rebus gula pasir dengan perbandingan 1 banding 1. Artinya, 1 liter air untuk 1 liter gula pasir. Jika sudah mendidih masukan belimbing wuluh yang telah ditiriskan dari rendaman air kapur sirih. Rebus dalam air gula hingga air rebusan menipis. 

Cara mengolah manisan belimbing wuluh selanjutnya adalah Anda bisa menambahkan pewarna alami untuk menghasilkan warna manisan belimbing wuluh yang berwarna warni. Namun ini tidak wajib dilakukan, hanya agar manisan memiliki warna yang menarik. Gunakan daun suji yang diblender lalu disaring, kemudian campurkan dalam air rebusan gula pasir tersebut. Dengan demikian, manisan belimbing wuluh yang Anda buat akan berwarna lebih hijau namun tetap sehat dan aman dikonsumsi. 

Jika Anda ingin warna lainnya, Anda bisa menggunakan larutan air secang yang akan menghasilkan manisan berwarna merah maroon. Campurkan kayu secang secukupnya ke dalam rebusan belimbing wuluh sampai Anda mendapatkan warna yang diinginkan. Sementara itu, selain memberikan warna alami pada manisan belimbing wuluh, Anda juga bisa menambahkan kayu manis untuk menambah aroma manisan yang lebih harum dan unik. Masukan beberapa potong kayu manis saat merebus manisan. 

Belimbing wuluh sudah memiliki rasa asam, sehingga Anda tidak perlu menambahkan citrun atau citric acid atau asam sitrat ke dalam manisan. Namun untuk memperkuat rasa boleh dilakukan. Tambahkan asam sitrat sedikit saja setelah manisan selesai direbus. Aduk hingga merata agar tercampur bersama manisan. Cara mengolah belimbing wuluh menjadi manisan mudah bukan? Kini Anda bisa memanfaatkan panenan belimbing wuluh agar tak busuk percuma. Karena jenis buah ini memang cepat sekali membusuk.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
Lifestyle