5 Manfaat dan Cara Mengolah Sarang Walet Menjadi Obat Berbagai Penyakit

Sarang walet merupakan salah satu herbal yang cukup terkenal di Indonesia. Harga sarang walet ini memang terkenal mahal, namun harganya sebanding dengan khasiat yang bisa didapatkan. Cara mengolah sarang walet menjadi obat ini bisa dilakukan dengan mudah sesuai dengan jenis penyakit yang akan diobati. Nah, dalam pembahasan kali ini akan diberikan beberapa manfaat sarang walet bagi kesehatan dan juga cara mengolahnya yang paling mudah dan cepat.
Berikut ini beberapa manfaat dan cara mengolah sarang walet menjadi obat yang paling mudah dan praktis:
  • Mengatasi batuk
Manfaat sarang walet yang pertama yaitu dapat menjadi obat batuk. Cara mengolah sarang walet untuk dijadikan sebagai obat batuk ini bisa dilakukan dengan menyeduh sarang walet bersama dengan gula batu. Air seduhan sarang walet dan gula batu ini harus diminum 3 kali sehari untuk mengatasi batu kering. Anda bisa membuat seduhan sarang walet ini dalam jumlah yang cukup kemudian disimpan untuk dijadikan obat batuk.
  • Mengobati paru-paru basah
Tidak hanya batuk saja, sarang burung walet juga bisa untuk mengobati paru-paru basah. Cara mengolah sarang walet untuk obat paru-paru basah ini bisa dilakukan dengan cara merebus sarang walet dalam air mendidih kemudian saring air tersebut dalam sebuah gelas. Anda bisa mengonsumsi air seduhan sarang walet ini untuk mengobati paru-paru basah.
  • Mengobati kerusakan pada pembuluh nadi
Cara mengolah sarang walet menjadi minuman untuk mengobati kerusakan pada pembuluh nadi bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa mengolah sarang burung walet ini menjadi sup yang dicampur dengan bahan lainnya. Sup sarang burung walet ini sangat enak dikonsumsi selagi hangat. Para penderita kerusakan pada pembuluh nadi bisa kembali pulih dengan rutin mengonsumsi sup sarang walet ini.
  • Mengobati jerawat
Sarang burung walet tidak hanya bisa mengobati berbagai penyakit berbahaya saja, tapi juga bisa mengobati jerawat yang membandel. Anda bisa mengkonsumsi air seduhan sarang burung walet dan sup sarang burung walet untuk mengatasi jerawat. Selain itu, gunakan air seduhan burung walet untuk membasuh wajah dan menjadikannya masker.
  • Mencegah dan mengobati kanker

Kandungan antioksidan dalam sarang burung walet sangat tinggi sehingga sangat bagus untuk mencegah dan mengobati kanker. Sarang burung walet yang akan dijadikan obat kanker ini bisa diolah menjadi sup bersama sayuran lainnya yang kaya akan serat.
Cara mengolah sarang walet menjadi obat ini memang cukup mudah. Namun jika Anda salah dalam mengolahnya, maka kandungan mineral yang ada dalam sarang walet ini bisa hilang dan Anda tidak akan mendapatkan manfaat dari sarang walet ini. Untuk Anda yang ingin menjadikan sarang walet sebagai obat, maka Anda harus memilih sarang walet yang asli dan mempunyai kualitas yang bagus. Ada tiga warna sarang walet yang asli dan bagus yaitu putih gading, pink, dan kuning.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel