6 Langkah Cara Mengolah Serabut Kelapa Untuk Bahan Baku Tekstil

Kelapa merupakan salah satu pohon yang serbaguna, tidak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi, tapi semua bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan termasuk serabut kelapa. Serabut kelapa yang biasanya hanya dijadikan bahan bakar untuk pembakaran tradisional bisa diolah menjadi barang yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Cara mengolah serabut kelapa agar mempunyai nilai jual yang tinggi ini dilakukan dengan mengolahnya menjadi bahan baku tekstil. Dari serabut kelapa yang sudah diolah bisa dijadikan berbagai bahan baku tekstil dengan nilai jual yang tinggi.

beli sabut kelapa,cara memperoleh serat sabut kelapa,cara mengolah sabut kelapa menjadi kerajinan,harga sabut kelapa 2015,peluang usaha sabut kelapa,pengertian sabut kelapa,
Baca juga : Mengolah Temulawak

Cara mengolah serabut kelapa agar bisa dijadikan sebagai bahan baku tekstil dilakukan dengan 6 tahapan, yaitu:

  • Persiapan serabut kelapa

Tahapan pertama yang harus dilakukan untuk mengolah serabut kelapa adalah mempersiapkan serabut kelapa yang akan diolah. Cara memperoleh serabut kelapa ini adalah dengan cara memotong serabut kelapa utuh menjadi beberapa bagian lalu potong bagian ujung yang keras. Dalam persiapan ini, Anda juga harus merendam serabut kelapa dalam air selama 3 hari atau sampai gabusnya membusuk sehingga mudah untuk dipisahkan dari seratnya.
  • Pelunakan serabut kelapa

Setelah serabut kelapa terpisah dari bagian gabusnya maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan pelunakan. Proses pelunakan ini bisa dilakukan secara tradisional. Cara tradisional untuk melunakkan serabut kelapa ini adalah dengan memukulnya menggunakan palu samai serabut terurai.
  • Pemisahan serat serabut kelapa

Jika serabut kelapa sudah lunak dan sudah terurai maka langkah selanjutnya adalah memisahkan serat dari serabut kelapa. Cara mengurai sabut kelapa untuk memisahkan seratnya bisa dilakukan secara manual menggunakan tangan. Namun agar bisa cepat selesai, Anda bisa menggunakan mesin pemisah. Untuk memisahkan secara manual, Anda bisa menggunakan besi bergerigi untuk mempercepat proses pemisahan.
  • Pengayakan atau sortasi serabut kelapa

Selanjutnya jika serat sudah terpisahkan, maka hal yang perlu dilakukan adalah melakukan pengayakan atau sortasi. Sortasi ini dilakukan untuk memisahkan serat kasar dan serat halus. Anda bisa menggunakan mesin sortasi modern ataupun tradisional untuk melakukan pengayakan pada serabut kelapa.
  • Pembersihan dan pengeringan serabut kelapa

Setelah diayak, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembersihan dan pengeringan pada serabut kelapa. Pembersihan serabut kelapa ini dilakukan untuk menghilangkan bagian gabus yang masih tersisa pada serabut. Kemudian setelah serabut kelapa bersih maka serabut kelapa ini perlu dijemur untuk dikeringkan. Lama pengeringan tergantung dari kandungan air yang masih ada pada serabut.
  • Pengepakan serabut kelapa

Langkah terakhir dalam mengolah serabut kelapa ini adalah melakukan pengepakan. Anda bisa mengepak serabut kelapa yang sudah kering dengan ukuran boks 90 x 110 x 45 cm. Ukuran pengepakan ini bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.
Cara mengolah serabut kelapa yang akan dijadikan sebagai bahan baku tekstil ini bisa dilakukan secara manual tanpa menggunakan mesin yang canggih. Pengolahan secara manual ini bisa dilakukan dengan mudah. Nah, bagi Anda yang ingin membuka usaha tapi masih bingung usaha apa yang akan digeluti, maka bisa mencoba bisnis pengolahan serabut kelapa ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel