Resep Cara Mengolah Temulawak Untuk Obat Liver yang Paling Mudah

Temulawak merupakan salah satu tanaman herbal asli Indonesia yang sudah dikenal sampai mancanegara mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Khasiat temulawak untuk kesehatan tubuh ini sangat banyak termasuk bisa membantu mengobati penyakit liver atau penyakit hati. Cara mengolah temulawak untuk obat liver ini sangat mudah. Hal ini dikarenakan bahan dan proses pengolahannya bisa dilakukan secara tradisional dan cepat. Selain itu, pengobatan liver dengan herbal temulawak ini juga sudah terbukti ampuh.
Cara mengobati liver secara tradisional dengan menggunakan temulawak ini juga sudah diakui oleh para dokter. Pengobatan liver secara herbal dengan menggunakan temulawak ini juga sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan temulawak merupakan salah satu jenis kunyit yang banyak mengandung curcuma dan mineral lainnya. Kandungan mineral dalam temulawak ini dapat membantu mengatasi liver dan membuat hati bisa bekerja secara normal. Tidak hanya liver saja, temulawak juga bisa membantu mengatasi penyakit hati lainnya.

Khasiat temulawak untuk liver dan penyakit hati lainnya ini bisa Anda dapatkan dengan cara membuat ramuan tradisional dari bahan dasar temulawak dan campuran beberapa bahan herbal lainnya. Nah, bagi Anda yang ingin membuat ramuan temulawak untuk mengobati liver, maka siapkan terlebih dahulu bahan-bahan herbal berikut ini:
  • Temulawak 10 gram
  • Kunyit 10 gram
  • Daun sambiloto yang sudah dikeringkan 10 gram
  • Temu mangga 10 gram
  • Tanaman ciplukan kering 10 gram
  • Tanaman meniran 10 gram

Sedangkan cara mengolah temulawak untuk obat liver dengan bahan diatas yaitu:

  1. Langkah pertama untuk membuat obat liver dari temulawak ini adalah membersihkan temulawak, kunyit, dan temu mangga dengan cara mengupasnya lalu dicuci dengan menggunakan air mengalir.
  2. Setelah itu, parut ketiga bahan ini sampai halus. Anda bisa memarutnya dengan menggunakan parutan biasa. Agar tidak banyak hasil parutan yang terbuang, maka Anda bisa melapisi parutan Anda dengan menggunakan plastik bening.
  3. Selanjutnya hasil parutan ini dicampur menjadi satu lalu tambahkan daun sambiloto kering, ciplukan kering, dan meniran. Semua bahan ini dicampur menjadi satu sampai merata.
  4. Langkah selanjutnya rebus semua bahan yang sudah dicampurkan tadi dengan menggunakan dua gelas air bersih. Rebus sampai air berkurang menjadi satu setengah gelas.
  5. Kemudian saring air hasil rebusan tadi dengan menggunakan saringan makanan lalu masukkan dalam gelas.
  6. Selanjutnya, minum ramuan ini tiga kali sehari. Agar rasanya lebih enak maka Anda bisa menambahkan sedikit madu.
Cukup mudah bukan, cara mengolah temulawak untuk obat liver ini? Selain dijadikan sebagai obat liver, temulawak juga bisa dijadikan sebagai obat penambah nafsu makan. Ramuan temulawak ini memang sudah sangat terkenal di Indonesia khususnya di Pulau Jawa. Sejak zaman dahulu, nenek moyang Indonesia sudah menggunakan temulawak ini sebagai obat tradisional yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
Lifestyle