Aneka Resep dan Cara Mengolah Cumi Kering, Mudah dan Cepat

Cumi, atau yang disebut cumi-cumi, adalah hewan laut yang populer digunakan sebagai bahan makanan. Sudah banyak aneka bahan makanan dan masakan yang menggunakan cumi. Salah satunya cumi kering. Cumi kering adalah cumi yang diproses dengan cara dijemur, lalu setelah kering, gepeng, kemudian dijual. Penjemuran ini dimaksud agar cumi awet dan tahan lama tanpa harus disimpan dalam lemari es. Cara mengolah cumi kering akan dibahas pada artikel ini.

cara memasak cumi asin saus tiram,cara membuat cumi kering,harga cumi kering,resep cumi asin rica rica,resep cumi kering asam manis,resep cumi kering masak pedas,resep cumi kering saus tiram,
Baca juga : Cara Mengolah Angkak

Jika Anda membeli cumi di pasar tradisional, Anda akan menemukan cumi dalam bentuk segar atau kering. Baik cumi segar atau kering, keduanya membutuhkan pengolahan yang sedikit berbeda. Cumi basah lebih mudah karena masih segar. Sedangkan cara mengolah cumi kering butuh penanganan khusus, diantara jenis olahannya adalah sebagai berikut:

1. Cumi kering tumis

Jenis masakan tumis memang yang paling mudah untuk mengolah bahan makanan jenis apapun, termasuk cumi kering. Cumi kering tumis ini dapat dibuat dengan cara memotong cumi kering tipis-tipis, dan menggorengnya dengan bumbu dan bahan tumis seperti biasa, seperti bawang merah dan putih, cabai merah atau hijau, garam, dan juga bisa ditambahkan petai. Cumi kering yang sudah dipotong bisa langsung dimasukkan dan digoreng bersama bahan yang sudah disiapkan.

2. Cumi kuah asam manis

Cara mengolah cumi kering menjadi cumi kuah asam manis memerlukan tehnik sedikit berbeda. Pertama Anda perlu melunakkan cumi kering dengan cara merebus terlebih dahulu selama beberapa saat hingga lunak. Selanjutnya, Anda siapkan kuah asam manis lengkap dengan tepung maizena dan sedikit irisan bawang bombay. Setelah keduanya siap, campurkan cumi ke dalam kuah asam dan masak beberapa saat hingga bumbu meresap.

3. Cha cumi kuah

Cara mengolah cumi kering menjadi cha kuah hampir sama dengan cumi asam manis. Hanya saja, cha mengandung kuah yang lebih banyak dari kuah asam manis. Bumbu yang diperlukan biasanya yang memberikan cita rasa asin, seperti garam, bawang putih, merica, dan juga sayuran seperti potongan wortel, selada, kacang polong, dan juga telur puyuh. Pertama, rebus cumi hingga lunak. Selanjutnya masak semua bahan bersamaan. Tambahkan air hingga menggenang, tunggu hingga mendidih dan matang.
Contoh diatas adalah sedikit resep masakan yang bisa Anda buat sehubungan dengan cara mengolah cumi kering. Sebenarnya masih ada banyak olahan cumi yang bisa Anda buat dengan mudah seperti balado cumi, sambel kering cumi, dan lain jenis lainnya. Cumi kering pada dasarnya akan terasa alot jika dimakan langsung hanya dengan digoreng atau dibakar. Oleh karena itu, dalam beberapa resep sebaiknya cumi direbus terlebih dahulu supaya lunak dan mudah digigit. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel