Manfaat dan Cara Mengolah Lidah Buaya Untuk Wajah

Saat ini semakin banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar lidah buaya. Bahkan kosmetik dari merk-merk ternama pun menggunakan bahan alami ini. Lidah buaya memang merupakan tanaman yang mengandung berbagai vitamin, enzim, asam amino, zat anti inflamasi dan anti mikroba. Dengan kandungan ini lidah buaya mampu memberikan berbagai manfaat bagi kulit wajah. Selain diolah secara modern di pabrik kosmetik, cara mengolah lidah buaya untuk wajah juga dapat dilakukan secara sederhana di rumah.

Manfaat Menggunakan Lidah Buaya Untuk Kulit

Salah satu manfaat lidah buaya yang sudah tidak diragukan lagi adalah sebagai pelembab. Kandungan lidah buaya tidak hanya baik untuk melembabkan kulit yang kering, tetapi juga untuk kulit yang berminyak. Kandungan hormon giberelin serta auksin yang memiliki sifat anti inflamasi membuat lidah buaya mampu mengurangi masalah jerawat. Cara membuat masker lidah buaya untuk menghilangkan jerawat telah digunakan selama bertahun-tahun dengan hasil yang sangat memuaskan. 

Manfaat lain yang bisa diberikan oleh lidah buaya adalah mencegah terjadinya penuaan dini. Antioksidan yang terdapat pada tanaman ini mampu memerangi berbagai tanda dari penuaan tersebut. Banyak orang yang juga percaya akan cara memutihkan kulit wajah dengan lidah buaya. Tanaman ini memang dapat mengurangi pigmentasi dan menyamarkan bintik-bintik hitam. Dengan pemberian lidah buaya, maka kulit akan mampu menumbuhkan sel-sel baru dengan lebih cepat. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk membuat kulit selalu tampak muda berseri. 

Cara Membuat Masker Dari Lidah Buaya Untuk Berbagai Jenis Kulit

Cara mengolah lidah buaya untuk wajah yang dapat dilakukan di rumah adalah dengan membuat masker wajah. Untuk melakukannya, pertama-tama ambil lidah buaya dan buang bagian kulitnya termasuk bagian yang berduri. Setelah itu ambil gelnya. Gel lidah buaya yang sudah didapatkan kini bisa dioleh menjadi beragam jenis masker. Untuk yang memiliki kulit normal, gel tersebut dapat ditambahkan dengan perasan air jeruk. Setelah itu, hancurkan dengan cara diblender, dan masker pun siap digunakan.

Untuk kulit yang berminyak, proses pembuatan masker dimulai dengan merebus gel lidah buaya. Setelah itu, hancurkan dengan cara diblender. Setelah berbentuk seperti pasta yang kental, tambahkan madu. Masker ini dapat dioleskan pada wajah dan didiamkan selama 15 menit. Bagi yang memiliki kulit sensitif, dapat membuat masker lidah buaya dengan mencampurkan mentimun atau air mawar. Dan untuk kulit kering, shea butter serta minyak zaitun adalah campuran terbaik bagi gel lidah buaya. 

Membuat masker memang merupakan cara mengolah lidah buaya untuk wajah yang sangat baik. Tetapi lidah buaya juga dapat digunakan untuk berbagai masalah kulit tubuh lainnya. Salah satunya adalah untuk menghilangkan stretch marks yang muncul dibagian perut ataupun paha. Luka bakar, radang, psoriasis, eksim dan bekas luka pun dapat dihilangkan dengan menggunakan tanaman yang sangat bermanfaat tersebut.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
Lifestyle