Resep Cara Mengolah Ubi Jalar Untuk Diet yang Tepat

Ubi jalar merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang kaya akan serat dan mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Biasanya, ubi jalar ini diolah menjadi kolak dan dijadikan sebagai camilan. Namun tahukah Anda, ubi jalar tidak hanya enak untuk dikonsumsi saja tapi juga bagus untuk diet. Cara mengolah ubi jalar untuk diet tentunya berbeda dengan cara mengolah ubi jalar untuk konsumsi sehari-hari. Untuk diet, maka Anda harus mengurangi penggunaan minyak, gula, dan berbagai bahan lainnya.

apakah ubi bikin gemuk,cara mengolah singkong untuk diet,cara mengolah ubi jalar menjadi makanan enak,diet ubi cilembu,diet ubi jalar seminggu,kalori ubi jalar rebus,ubi rebus bikin gemuk,
Baca juga : Alpukat Untuk Diet

Resep Ubi Jalar Panggang Untuk Diet

Salah satu cara mengolah ubi jalar untuk diet yang paling tepat, yaitu dengan memanggangnya menggunakan oven ataupun microwave. Menu diet ubi jalar panggang ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan disiang hari ataupun dijadikan sebagai sarapan. Untuk Anda yang ingin diet dengan menggunakan ubi jalar, maka bisa mencoba resep ubi jalar panggang. Adapun bahan yang dibutuhkan untuk membuat ubi jalar panggang ini yaitu:
  • Ubi jalar secukupnya
  • Yogurt secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
Jika semua bahan diatas sudah siap, maka ikuti panduan berikut untuk membuat ubi jalar panggang yang enak untuk diet:
  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan ubi jalar. Cara untuk membersihkan ubi jalar ini yaitu dengan mencucinya menggunakan air yang mengalir sambil disikat dengan menggunakan sikat kasar. Penyikatan ini dilakukan untuk menghilangkan tanah yang masih menempel pada ubi.
  • Setelah ubi jalar dibersihkan sampai bersih, maka langkah selanjutnya adalah menusuk ubi dengan menggunakan garpu. Tusuk ubi di beberapa tempat secara merata. Penusukan ini dilakukan agar ubi jalar bisa matang secara merata.
  • Selanjutnya, letakkan ubi jalar pada tempat roasting pada oven atau tempatkan pada mangkuk kaca tahan panas ke dalam microwave. Atur suhu oven dan microwave sampai 180 derajat dan masak selama kurang lebih 30 menit. Anda juga bisa melakukan pengecekan dengan cara menusuk ubi apakah sudah empuk atau belum.
  • Langkah selanjutnya, potong memanjang ubi jalar yang sudah matang dengan menggunakan sendok. Ubi jalar yang matang sempurna bisa dipotong dengan mudah tanpa menggunakan alat.
  • Selanjutnya, taburi garam dan lada secukupnya pada potongan ubi jalar lalu tambahkan yoghurt secukupnya diatasnya. Anda bisa menikmati ubi jalar ini selagi hangat. Jika ingin disimpan, maka sebaiknya simpan dalam lemari pendingin setelah ubi benar-benar dingin.
Resep ubi jalar untuk diet tidak hanya dipanggang saja. Untuk Anda yang tidak mempunyai oven ataupun microwave bisa merebus ubi jalar sampai empuk. Cara mengolah ubi jalar untuk diet dengan direbus ini sama dengan cara dipanggang. Hanya saja, ubi jalar direbus terlebih dahulu sampai empuk. Waktu perebusan ubi jalar ini memang agak lama sehingga pastikan air yang digunakan untuk merebus ubi jalar cukup. Selain direbus, Anda juga bisa membuat menu ubi jalar untuk diet dengan cara dikukus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel