Cara Mengolah Pare Agar Tidak Pahit Saat Dimasak

Pare atau Paria merupakan sejenis buah yang dapat dimasak sebagai sayur. Walaupun rasanya pahit, tetapi mengkonsumsi pare ternyata sangat baik bagi kesehatan. pare terbukti mampu membersihkan darah, membunuh kanker, menurunkan kadar gula darah, melancarkan pencernaan dan mengobati penyakit kanker serta malaria. Karena manfaat itulah banyak orang yang tetap mengolah pare dan memasaknya menjadi beragam jenis makanan. Jika Anda juga tertarik, maka cara mengolah pare agar tidak pahit dapat dilakukan sebelum memasaknya. Cara tersebut adalah: 

aneka masakan dari pare,aneka olahan pare,masak pare santan,resep masakan pare isi,resep tumis pare ikan teri,resep tumis pare udang,tumis pare telur,tumis pare tempe,
Baca juga : Cara Mengolah Rumput Laut
  • Menggunakan garam dapur

Cara pertama dan paling banyak dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit pada pare adalah dengan menggunakan garam. Penambahan garam diberikan setelah pare dibersihkan, dibuang biji dan selaputnya. Selanjutnya potong-potong pare sesuai ukuran yang diinginkan, baru ditambahkan garam. Kemudian remas-remas agar semua rasa pahitnya hilang. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci hingga bersih. Merebus pare dengan air yang diberi garam hingga setengah matang juga dapat menjadi cara mengolah pare agar tidak pahit.
  • Menggunakan daun jambu biji

Di beberapa daerah, daun jambu biji digunakan untuk membuat aneka masakan dari pare. Caranya adalah dengan merebus pare dengan daun jambu biji yang sudah diremas terlebih dahulu. Daun jambu biji yang diperlukan adalah sebanyak 10 lembar untuk 0,5 kg pare. Sedangkan waktu yang merebusnya adalah sekitar 5 menit. Dengan cara ini, maka pare yang sudah setengah matang tidak akan terasa pahit lagi.
  • Menggunakan lempengan tanah liat

Jika hendak mengolah pare dalam jumlah yang banyak, maka kita perlu mengetahui cara yang lebih efisien dan praktis untuk menghilangkan rasa pahitnya. Salah satu cara tersebut adalah dengan menggunakan lempengan tanah liat. Dibeberapa pasar tradisional, lempengan ini mudah didapatkan. Bersihkan lempengan tersebut dan masukkan ke dalam potongan pare yang sedang direbus. Setelah beberapa menit angkat dan tiriskan. Pare yang sudah tidak pahit lagi kemudian dapat dimasak.
Aneka olahan pare dapat dibuat dengan buah pare yang sudah tidak pahit lagi. Kita dapat mengolahnya menjadi tumis pare yang pedas, tumis pare dengan teri medan ataupun tumis pare dengan tempe dan udang. pare yang dimasak dengan ikan asin dan lombok hijau pun pasti akan terasa sangat lezat, apalagi jika ditambahkan pete kedalamnya. Untuk alternatif lain, kita dapat memasak sayur pare dengan kuah santan, gulai pare, tumis pare dengan lada hitam dan membuat pare isi siomay.

Saat memasak pare memang sangat penting untuk menambahkan aneka bumbu atau bahan makanan lain yang memiliki rasa kuat. Penambahan ini merupakan salah satu cara mengolah pare agar tidak pahit. Karena penambahan bahan lain seperti teri, cabe, ikan asin ataupun pete mampu membuat rasa pahit pare semakin tidak terasa. Sebaliknya, masakan pun menjadi bertambah sedap dan menggugah selera.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
Lifestyle