Langkah Mudah Cara Mengolah Rumput Laut Menjadi Agar-Agar Siap Masak

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan agar-agar? Makanan dengan tekstur yang kenyal ini dibuat dengan bahan utama rumput laut. Cara mengolah rumput laut menjadi agar-agar ini tidaklah terlalu sulit, sehingga Anda bisa mencobanya untuk membuat agar-agar sendiri dirumah. Hasil dari pengolahan rumput laut berupa agar-agar ini berbentuk serbuk yang nantinya harus dimasak lagi agar bisa dikonsumsi. Nah, dalam pembahasan kali ini akan diberikan langkah-langkah pengolahan rumput laut menjadi tepung agar-agar.

agar agar rumput,agar rumput laut tidak amis,cara memasak rumput laut segar,cara mengolah rumput laut kering menjadi makanan,pengolahan rumput laut menjadi tepung,resep puding rumput laut,
Baca juga : Sarang Semut Papua

Untuk membuat tepung agar-agar maka Anda membutuhkan rumput laut segar jenis rumput laut Gracilaria. Rumput laut jenis ini mempunyai warna hijau gelap dengan talus yang kecil dan agak memanjang. Tekstur dari rumput laut ini agak lembab dan biasanya kotoran yang menempel hanya sedikit. Cara mengolah rumput laut menjadi agar-agar menggunakan rumput laut Gracilaria ini cukup mudah, hal ini dikarenakan bahan yang digunakan juga cukup sederhana.

Berikut ini panduan untuk cara memasak rumput laut segar menjadi bubuk agar-agar yang siap dikonsumsi:

  • Langkah pertama dalam membuat agar-agar menggunakan rumput laut adalah membersihkan rumput laut basah yang sudah disiapkan. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air mengalir. Agar kotoran pada rumput laut hilang, maka pada saat membersihkannya bisa sambil diremas-remas.
  • Setelah dibersihkan dari kotoran, maka langkah selanjutnya adalah merendam rumput laut tadi. Perendaman dilakukan dengan menggunakan air bersih selama kurang lebih 3 hari.
  • Selanjutnya buang air rendaman dan ganti dengan air kapur. Perendaman rumput laut dengan air kapur ini dilakukan selama 6 jam.
  • Langkah selanjutnya adalah mencuci rumput laut yang sudah direndam dengan air kapur ini sampai bersih dan bau kapur benar-benar hilang.
  • Kemudian keringkan rumput laut yang sudah bersih ini dengan cara menjemurnya dibawah panas matahari. Lama penjemuran tergantung sinar matahari, jika matahari sangat terik maka 1 hari saja rumput laut sudah kering.
  • Setelah rumput laut kering, maka langkah selanjutnya adalah merendamnya dengan larutan asam H2SO4 selama 15 menit.
  • Lalu cuci dengan air mengalir dan rendam dengan menggunakan air bersih selama 15 menit lagi.
  • Setelah itu, rebus rumput laut sambil terus diaduk selama 45 menit lalu saring rumput laut dengan kain kasa dan pipihkan dengan menggunakan kain.
  • Selanjutnya letakkan rumput laut ini pada tempat yang lembab sampai kering lalu tumbuk rumput laut sampai hancur menjadi bubuk. Bubuk inilah yang bisa dimasak menjadi agar-agar.
Bubuk agar-agar yang sudah jadi ini bisa disimpan pada stoples tertutup dan diletakkan dalam tempat yang kering. Penyimpanan yang benar bisa membuat bubuk agar-agar ini menjadi awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Cara mengolah rumput laut menjadi agar-agar ini bisa dilakukan dengan hanya menggunakan alat sederhana saja. Anda bisa mencobanya dirumah dan mulai berbisnis membuat bubuk agar-agar dengan menggunakan rumput laut. Agar-agar yang dibuat sendiri dengan menggunakan rumput laut ini tentu terjamin kebersihan dan keamanannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel