Panduan Cara Mengolah Sarang Semut Papua Yang Benar

Sarang semut Papua merupakan salah satu tanaman herbal yang dipercaya bisa mengobati segala macam penyakit termasuk penyakit yang mematikan. Cara mengolah sarang semut Papua untuk dijadikan obat ataupun untuk dikonsumsi bisa dengan cara diseduh dijadikan minuman herbal. Sebenarnya yang dimaksud sarang semut dari Papua ini bukanlah sarang semut yang ada didalam tanah, melainkan sarang semut yang terdapat dalam sebuah tumbuhan epifit yang hidupnya menempel pada pohon. Jenis tumbuhan ini termasuk umbi gantung yang hanya ada di Papua.

cara mengolah sarang semut untuk dikonsumsi,efek samping minum sarang semut,harga sarang semut,manfaat sarang semut untuk wanita,sarang semut obat 1000 penyakit,sarang semut papua palsu,
Baca juga : Mengolah Sayuran

Khasiat sarang semut Papua ini sudah sangat terkenal diseluruh Indonesia. Sarang semut Papua dipercaya mengandung zat yang bisa menangkal dan mengobati berbagai penyakit. Dalam beberapa penelitian yang sudah dilakukan, ternyata kandungan antioksidan dalam sarang semut Papua ini cukup tinggi sehingga bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu, ada banyak kandungan mineral lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun dalam mengkonsumsi dan cara mengolah sarang semut Papua harus dilakukan dengan benar agar tidak overdosis.

Cara Mengolah Sarang Semut Asli Papua Berupa Lempengan

Ada dua jenis sarang semut Papua yang banyak dijual yaitu sarang semut dalam bentuk lempengan dan bubuk. Cara mengolah sarang semut untuk dikonsumsi bisa dilakukan dengan membuatnya menjadi minuman. Untuk sarang semut Papua yang berbentuk lempengan cara mengolahnya yaitu:
  • Langkah pertama yaitu bersihkan lempengan sarang semut dari kotoran yang melekat. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan air yang mengalir agar tidak ada kotoran yang tersisa.
  • Selanjutnya potong lempengan sarang semut Papua ini menjadi beberapa bagian agar mudah dalam pengolahannya.
  • Setelah itu rebus sarang semut dengan menggunakan air bersih sampai mendidih dan airnya agak berkurang.
  • Kemudian diamkan sampai air menjadi hangat lalu tuangkan dalam gelas. Agar tidak ada ampas yang terbawa maka Anda perlu menyaringnya terlebih dahulu.
  • Langkah terakhir simpan dan minum tiga kali sehari untuk mengobati berbagai penyakit.

Cara Mengolah Sarang Semut Asli Papua Berupa Bubuk

Jika Anda ingin yang lebih praktis maka Anda bisa membeli sarang semut Papua yang berbentuk bubuk. Bubuk sarang semut Papua ini berbentuk seperti bubuk kopi, hanya saja warnanya cokelat muda. Namun jika Anda mempunyai sarang semut Papua dalam bentuk lempengan, maka Anda harus menumbuknya terlebih dahulu sampai halus. Setelah ditumbuk halus, cara mengolah sarang semut Papua yang selanjutnya yaitu mengayaknya agar kotoran yang ada pada sarang semut Papua terpisah. Selanjutnya Anda bisa langsung menyeduh bubuk sarang semut ini.

Cara minum sarang semut bubuk ini hampir sama dengan mengkonsumsi kopi. Hanya saja, rasa dari sarang semut ini tidak pahit. Untuk menambah rasa dan khasiat dari sarang semut Papua ini, maka Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu. Penambahan madu ini bisa membuat seduhan sarang semut Papua menjadi semakin lezat dan mempunyai tambahan khasiat dari madu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel