Panduan Cara Mengolah Okra Untuk Obat Yang Benar

Bagi masyarakat Indonesia mungkin masih sedikit asing dengan okra. Okra ini merupakan salah satu jenis sayuran sekaligus buah yang bentuknya menyerupai cabai hijau. Sekilas okra ini memang hampir sama dengan cabai hijau namun mempunyai warna hijau yang lebih muda. Selain itu, permukaan okra juga lebih kasar dan mempunyai bulu halus. Tahukah Anda, okra ini merupakan salah satu sayuran yang mempunyai banyak khasiat untuk obat berbagai penyakit. Cara mengolah okra untuk obat juga sangat mudah, namun untuk mendapatkan okra tidaklah mudah.
  • Khasiat Okra Untuk Kesehatan Tubuh

Efek samping okra untuk kesehatan tubuh memang bagus jika Anda mengkonsumsinya dengan benar. Namun untuk mendapatkan okra ini Anda perlu membelinya di supermarket besar ataupun memesannya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan okra bukan termasuk tanaman asli Indonesia melainkan sayuran dari Asia Selatan dan Asia Tengah. Khasiat okra di negara asalnya sudah sangat terkenal. 

Banyak masyarakat Asia Selatan dan Asia Tengah menggunakan okra ini sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti yang dijelaskan, okra mempunyai banyak khasiat, berikut ini beberapa khasiat dari okra:
  • Membantu program diet

Okra mengandung serat yang cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet.
  • Mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh

Tidak hanya kaya akan serat, okra juga mengandung mineral dan vitamin yang bisa meluruhkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga tekanan darah bisa stabil dan jantung semakin sehat.
  • Berperan sebagai insulin alami

Okra juga mengandung zat yang mampu menjadi insulin alami untuk tubuh. Dengan adanya kandungan zat ini maka okra sangat bagus untuk penderita diabetes.

 

Cara Membuat Jus Okra yang Benar

Cara mengolah okra untuk obat yang paling tepat adalah dengan membuatnya menjadi jus. Jus okra ini sangat mudah untuk dibuat. Untuk membuat jus okra, Anda hanya perlu menyiapkan okra, air secukupnya, dan sedikit madu. Sedangkan cara membuat jus okra yaitu:
  1. Langkah pertama adalah buang bagian pangkal okra dan bersihkan bulu halus yang ada pada permukaan okra. Anda bisa membersihkan bulu halus pada okra dengan menggunakan pisau kecil.
  2. Setelah itu, cuci bersih okra dengan menggunakan air yang mengalir lalu potong okra dengan ukuran sedang.
  3. Selanjutnya masukkan potongan okra dalam gelas kemudian tuangkan air secukupnya sampai okra terendam.
  4. Kemudian simpanlah okra ini dalam lemari pendingin selama 1 hari. Anda bisa menikmati jus okra ini dengan meminum lendir yang keluar dan memakan langsung potongan buah okra. Agar rasanya lebih enak maka Anda bisa mencelupkan okra pada madu.
Selain dibuat jus, cara mengolah okra untuk obat juga bisa dilakukan dengan menumisnya. Cara membuat tumis okra ini sama dengan tumis sayuran yang lainnya. Hanya saja dalam membuat tumis okra sebaiknya okra dibersihkan dari bulu halusnya terlebih dahulu kemudian dicuci lalu dipotong dan langsung dimasak. Setelah dipotong okra harus langsung dimasak, hal ini dikarenakan untuk menghindari lendir berlebih yang keluar dari okra.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel