Cara Mengolah Oat Agar Rasanya Tidak Membosankan

Berbagai cara dilakukan untuk dapat memperoleh berat badan ideal. Bahkan dengan mengkonsumsi oat yang rasanya hambar. Oat atau haver merupakan bulir serealia yang diperoleh dari tanaman avena sativa L. Dahulu oat menjadi makanan pokok di Eropa dan Asia barat. Kini oat banyak dikonsumsi oleh pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan. Karena rasanya hambar dan tidak seenak nasi, maka diperlukan cara mengolah oat agar tidak membosankan. 
Oat atau dikenal juga dengan oatmeal, memang mampu menurunkan berat badan. Hal itu dikarenakan kandungan gula dan lemaknya yang rendah, sementara kandungan seratnya sangat tinggi. Jika dikonsumsi secara teratur berbagai manfaat kesehatan juga bisa diperoleh, seperti mencegah terjadinya serangan jantung. Cara memasak oatmeal yang benar juga mampu menghasilkan makanan yang dapat menstabilkan kadar kolesterol dan lemak tubuh. Oatmeal juga bisa membuat tekanan darah menjadi normal, serta meningkatkan metabolisme tubuh. 

  • Mengolah Oat Menjadi Pengganti Nasi

Banyak orang yang mengkonsumsi oat dan mampu menurunkan berat badannya hingga 5 kg dalam waktu 1 minggu. Tetapi banyak juga yang tidak mampu melakukan diet oatmeal karena rasanya yang kurang sesuai dengan lidah Indonesia. Padahal kita dapat melakukan cara mengolah oat agar dapat menjadi pengganti nasi. Kemudian oat dapat dimakan dengan aneka lauk pauk yang rendah kalori sesuai dengan selera. Seperti dengan ikan, tempe dan aneka sayur.

Untuk dapat menjadi pengganti nasi, kita dapat memasak oatmeal dengan menggunakan kuah sayur yang telah matang. Setelah itu, oat dapat disantap dengan sayur dan aneka lauk pauk seperti layaknya mengkonsumsi nasi. Kita juga dapat mengolah oat dengan cara membuat oatmeal susu. Jadi kita masak dulu air hingga mendidih, kemudian masukkan oat dan aduk-aduk. Setelah agak mengental, susu rendah lemak bisa dimasukkan dan api dikecilkan. Masak selama 2 menit, lalu oatpun akan siap dimakan dengan lauk pauk yang diinginkan. 

  • Membuat Bubur Oat Yang Enak

Selain sebagai pengganti nasi, kita juga dapat membuat bubur oat dengan rasa yang tidak membosankan. Caranya adalah dengan memasak oatmeal dengan menggunakan susu cair atau susu pasteurisasi. Masak sambil sesekali diaduk. Jika bubur sudah hampir matang, tambahkan salted butter dalam jumlah yang sesuai selera atau kurang lebih 1 sdm. Matikan api dan angkat bubur yang sudah jadi.

Untuk menikmati bubur tersebut, kita dapat memberikan toping berupa pisang, strawberry, kiwi ataupun madu. Toping yang sehat dan berasal dari buah-buahan segar tentu dapat membantu proses diet. Gunakan toping yang berbeda setiap kali menyantapnya agar tidak merasa bosan. Cara mengolah oat memang harus sedikit kreatif agar kita tidak memakan makanan yang sama setiap harinya. Semangat dietpun dapat selalu terjaga dan tubuh ideal bukan lagi hanya sebatas mimpi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel