Cara Mengolah Susu Sapi Murni Untuk Siap Minum

Salah satu asupan bergizi yang sering dikonsumsi oleh sebagian besar orang adalah susu. Bahkan, dari seseorang bayi pun telah dikenalkan dengan yang namanya Air Susu Ibu atau ASI. Masa pertumbuhan seringkali dibarengi dengan konsumsi susu yang cocok untuk setiap anak meskipun susu tidak termasuk dalam makanan yang wajib dikonsumsi. Jika memang semua gizi dan nutrisi sudah bisa didapatkan dari makanan, maka tidak mengkonsumsi susu pun tidak apa-apa. Cara mengolah susu sapi murni menjadi siap minum bisa Anda coba.
Anda bisa memilih susu sapi perah murni yang memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan serta pertumbuhan. Pengolahan susu sapi biasanya dimasak menjadi minuman yang memiliki cita rasa. Misalnya, susu sapi yang diolah menjadi susu aneka rasa seperti rasa strawberry, rasa coklat, tiramisu, dan lain-lain. Susu terbaik yang bisa Anda pilih adalah susu sapi murni. Kemurnian susu sapi murni lebih terjaga jika dibandingkan dengan susu UHT. Namun bedanya, susu UHT bisa langsung minum dan susu sapi murni lebih enak jika diolah.

Bagaimana Cara Mengolah Susu Sapi Murni yang Benar?

Sapi perah bisa diambil langsung saat pagi dan menjelang sore. Biasanya peternak sapi akan memerah sapi sehari dua kali. Cara mengolah susu sapi murni bisa dilakukan dengan berbagai cara. Inilah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengolah susu sapi murni menjadi susu sapi siap minum.

  • Pertama-tama, saringlah susu sapi murni yang telah dipersiapkan dengan menggunakan saringan teh. Hal ini bertujuan untuk membuang kotoran yang mungkin bisa ikut larut dalam susu.
  • Berikutnya, persiapkan panci yang akan Anda gunakan untuk memasak susu sapi murni. Pastikan panci yang Anda gunakan agak besar supaya tidak akan tumpah jika nanti susu yang dimasak memuai. Sebelumnya, oleskan margarin pada panci. Dengan demikian, susu yang dimasak tidak akan menempel ketika sedang dipanaskan.
  • Proses memasak susu sapi murni berikutnya bisa dilanjutkan dengan memanaskan susu sapi. Gunakan api sedang saja dan aduk perlahan agar susu sapi murni tidak pecah ketika dipanaskan. Anda harus terus mengaduk susu untuk menghindari susu yang dipanaskan pecah.
  • Proses memanaskan susu sebaiknya hingga mencapai suhu 70 hingga 75 derajat celcius. Anda bisa menggunakan thermometer untuk mengukurnya. Masak dalam waktu 5 hingga 10 menit saja. Untuk mengetahui susu yang telah masak, Anda bisa melihat dari perubahan warna yang mulai kekuningan.
  • Memasak susu sapi murni sebaiknya jangan sampai mendidih, namun hanya cukup hampir dalam kondisi mendidih. Jika dimasak sampai mendidih, kadar kasein yang ada pada susu akan rusak.

Setelah semua proses selesai, Anda bisa melanjutkan mengolah susu dalam aneka rasa. Itulah cara mengolah susu sapi murni dengan benar. Cobalah memasak susu sapi murni menjadi olahan yang lebih menarik untuk keluarga yang lebih bahagia.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
Lifestyle