Cara Mengolah Buah Coklat Menjadi Bubuk Cokelat

Coklat dihasilkan dari biji buah coklat atau kakao. Indonesia adalah penghasil kakao terbaik selain Pantai Gading, Malaysia dan negara-negara Afrika lainnya. Biji kakao dari Indonesia, terutama banyak dihasilkan di daerah-daerah perkebunan kakao rakyat di Sumatra dan Sulawesi. Namun tidak banyak orang yang tahu cara mengolah buah coklat agar menjadi coklat yang enak. Karena selama ini rantai produksi dan pasar buah coklat memang hanya ditujukan untuk industri besar, sehingga jarang rumah tangga yang mencoba mengolah buah kakao sendiri. 
Buah kakao atau buah coklat ada berbagai varietas, ada yang berukuran kecil ada yang besar. Ada buah coklat yang berwarna merah kulitnya namun ada juga yang berwarna kuning. Di daerah-daerah perkebunan coklat, biasanya para petani coklat memanen buah coklat setiap dua minggu sekali. Buah yang dipanen adalah buah yang sudah masak. Cara memanen buah coklat harus benar, misalnya cara memotong pangkalnya agar tidak merusak permukaan batang yang nantinya akan menjadi tempat tumbuhnya bunga baru. 

Setelah dikumpulkan buah coklat yang masak dibelah menggunakan benda tumpul seperti kayu. Cara mengolah buah coklat agar hasil panennya sempurna tidak boleh membelah dengan menggunakan pisau atau golok. Karena dapat merusak biji kakao di dalamnya. Biji yang rusak atau terbelah akan busuk saat nantinya dijemur. Karena setelah dibelah, maka biji di dalam buah coklat diambil. Setelah itu, ditempatkan di terpal atau para-para untuk dijemur menggunakan sinar matahari hingga kering. 

Cara menjemur biji coklat secara tradisional dengan matahari bisa diperbaharui dengan memanfaatkan teknologi plastik UV. Menjemur di bawah plastik UV dalam para-para yang tertutup oleh plastik UV akan menghasilkan biji coklat yang kering merata dan cepat. Karena menjemur diatas terpal atau lantai secara tradisional beresiko terkena kontaminasi kotoran dan rawan kehujanan atau lembab. Tingkat kekeringan atau rendaman biji kakao sangat penting dan mempengaruhi nilai jual biji kakao tersebut. 

Sementara itu, jika bijinya dimanfaatkan atau laku dijual dengan harga tinggi setelah dikeringkan atau difermentasi, buah kakao pun bisa dimanfaatkan. Cara mengolah buah coklat yang telah diambil bijinya untuk dijadikan pupuk organik sangat mudah. Pertama cacah kulit buah coklat tersebut menggunakan chopper. Masukan ke dalam drum tertutup kemudian beri starter bakteri EM4 yang bisa Anda beli atau buah sendiri. Kulit buah coklat tersebut akan terfermentasi dan menjadi pupuk organik yang sangat bermanfaat. 

Jika Anda ingin membuat cokelat sendiri dari buah coklat Anda. Cara mengolah buah coklat agar menjadi coklat yang siap dinikmati adalah mengeringkan biji coklat sampai benar-benar kering. Kemudian biji coklat tersebut disangrai agar kering sempurna, namun hati-hati agar tidak gosong. Setelah itu, biji coklat kering diblender atau digiling menjadi bubuk biji coklat. Nah, bubuk biji coklat atau kakao bubuk ini bisa Anda buat sebagai tambahan bahan untuk kue-kue coklat yang nikmat bersama susu, gula, telur dan tepung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel