Cara Mengolah Bunga Rosella Menjadi Sirup Rosella

Bunga rosella merupakan salah satu bunga yang bisa dikonsumsi. Bunga rosella berwarna merah keunguan dengan rasa yang masam. Bunga ini mengandung vitamin C yang tinggi serta kaya akan antioksidan. Biasanya bunga rosella akan dikeringkan terlebih dahulu agar awet, kemudian dijual atau dikonsumsi dalam bentuk teh rosella. Namun, ada cara lain untuk mengawetkan rosella, yaitu dengan dijadikan sirup. Cara mengolah bunga rosella menjadi sirup rosella tidak sulit, Anda bisa mencobanya di rumah.
Cara membuat sirup bunga rosella sangat mudah. Pertama siapkan bunga rosella matang yang telah mekar sempurna dan berwarna merah, pisahkan dari biji dan tangkainya. Kemudian cuci bunga tersebut hingga bersih. Setelah itu, siapkan panci dan air secukupnya sesuai dengan banyaknya bunga rosella yang akan Anda buat. Rebus air hingga mendidih, kemudian masukan gula pasir dengan perbandingan 1:1. Artinya 1 liter air campurkan dengan 1 liter gula pasir. Setelah itu, aduk hingga merata. 

Cara mengolah bunga rosella menjadi sirup rosella selanjutnya adalah, masukan bunga rosella ke dalam air rebusan gula yang telah mendidih tersebut. Tunggu beberapa waktu hingga warna air menjadi merah sempurna. Aduk bakal sirup tersebut, kemudian tunggu hingga dingin. Setelah dingin, saring menggunakan saringan teh atau kain. Sehingga kotoran dalam gula dan bunga bisa disisihkan. Air hasil saringan tersebut kemudian dituangkan ke dalam botol-botol bersih. Tutup rapat botol sirup rosella tersebut simpan dalam kulkas. 

Resep membuat sirup rosella mudah bukan? Jika Anda ingin menambahkan aroma lain pada sirup rosella Anda, Anda boleh memasukan beberapa potong kayu manis. Sehingga diantara rasa manis dan asam sirup rosella terdapat aroma kayu manis yang nikmat. Selanjutnya cara menyajikan sirup rosella adalah menambahkan air matang dan es batu dengan sebagian sirup rosella atau sesuai selera. Sirup rosella sangat nikmat disajikan dingin. Anda bisa memasukan biji selasih atau basil seeds untuk meningkatkan manfaat sirup rosella. 

Menambahkan nata de coco ke dalam sajian sirup rosella juga akan menjadi minuman yang nikmat. Namun jika Anda tidak suka minum minuman dingin maka sebaiknya rosella dikeringkan kemudian dibuat menjadi teh rosella hangat. Teh rosella hangat juga kaya akan manfaat. Rosella yang telah dikeringkan bisa awet disimpan asalkan penyimpanannya tepat. Anda bisa menambahkan rempah lain seperti adas dan kayu manis untuk menambah manfaat teh tersebut. Jangan lupa masukan gula batu agar tak terlalu masam.

Cara mengolah bunga rosella menjadi sirup rosella maupun teh rosella mudah bukan? Silakan berimprovisasi dalam mengolah dan menyajikan bunga rosella. Mengkonsumsi bunga rosella secara rutin akan membantu Anda terhindari dari serangan flu. Rosella akan membuat daya tahan tubuh meningkat, baik untuk memulihkan keadaan setelah sakit. Namun jika Anda memiliki diabetes, sebaiknya hindari gula yang terlalu banyak dalam mengkonsumsi minuman rosella ini.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
Lifestyle