Lihat Cara Mengolah Data Dengan SPSS Lengkap Berikut!

SPSS adalah salah satu program yang diperlukan oleh peneliti dalam mengolah data yang telah didapatkannya. Hampir setiap orang yang yang sedang dalam proses mengerjakan tugas akhir maupun skripsi mengenal program ini. Selain cara mengolah data dengan SPSS, sebenarnya olah data juga bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya saja dengan menggunakan MS Excel. Namun, hal tersebut tergantung dari jenis penelitian yang dilakukan. Ada penelitian yang mengharuskan seseorang menggunakan SPSS, misalnya dalam penelitian yang menggunakan metode kuantitatif. 

cara input data spss dari excel,cara memasukkan data kuesioner ke spss,cara menggunakan spss 16,cara menggunakan spss 21,cara menggunakan spss 22 pdf,cara menggunakan spss untuk uji validitas,
Baca juga : Data Kuesioner

Selain itu, penelitian yang menggunakan metode deskriptif juga memerlukan pengolahan data SPSS dalam penelitiannya. Olah data dengan SPSS cukup praktis untuk dilakukan. Selain praktis, Anda juga bisa melakukan oleh data dengan cepat dengan hasil yang akurat. Penelitian harus belajar mengenai beberapa karakteristik data yang akan digunakan. Contohnya saja mempelajari tentang apa itu frekuensi, apa itu standar deviasi, apa itu mean median dan mode, serta mempelajari banyak hal lainnya yang berhubungan dengan olah data menggunakan SPSS. Nah, bagaimanakah langkah singkatnya? 

Langkah dan Cara Olah Data Dengan SPSS

Mengolah data dengan menggunakan SPSS bisa dimulai dengan cara menginput data yang telah dikumpulkan data terlebih dahulu pada sheet SPSS. Inputlah data pada bagian spreadsheets di data view SPSS. Setelah input data selesai dilakukan, Anda bisa melanjutkannya dengan menginput parameter pada sheet data variable di SPSS. Setelah Anda menginputnya, kini Anda memiliki dua buah data. Data pertama adalah data view dan data kedua adalah data variable. Selanjutnya, lanjutkan dengan mencari mean, nilai maksimum, nilai minimum, serta standar deviasi dari data yang telah dimasukkan.

Cara mengolah data dengan SPSS untuk mencari nilai minimum, maksimum, mean, dan standar deviasi sangat mudah. Anda bisa memilih analyze descriptive statistics descriptive. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan dengan memindahkan badan pada variable. Selanjutnya, klik option dan pilih beberapa menu seperti standar deviation, mean, minimum, dan maximum. Setelah semua menu tersebut Anda pilih dengan memberikan tanda centang, Anda bisa melanjutkan proses selanjutnya dengan menekan OK. Lalu, Anda pun akan mendapatkan hasilnya.

Gambaran untuk standar deviasi, mean, nilai minimum, dan nilai maksimum akan bisa Anda lihat. Setelah proses tersebut Anda lakukan, Anda bisa melakukan eksperimen-eskperimen dengan berbagai paramerter-parameter lainnya. Lanjutkan dengan menghitung frekuensi sampai akhirnya Anda bisa mendapatkan hasil dari hipotesis yang Anda cari. Itulah langkah singkat dalam cara mengolah data dengan SPSS. Peneliti bisa menggunakan SPSS untuk mengerjakan penelitian dengan lebih cepat dan mudah. Apakah Anda ingin menggunakan SPSS untuk mengerjakan penelitian? Gunakan panduan buku dari ahli untuk mengerjakannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel