Cara Mengolah Okra Untuk Obat Kolesterol dan Diabetes

Pernahkah Anda mendengar tentang khasiat dari buah okra? Buah okra termasuk dalam kategori sayuran yang kaya akan manfaat. Ada banyak nama lain dari tanaman okra diberbagai daerah di Indonesia. Cara pengolahan yang paling mudah adalah dengan memasaknya sebagai sayuran sop atau pun sesuai dengan selera masing-masing orang. Cara mengolah okra untuk obat agak sedikit berbeda dengan cara mengolah okra untuk sayuran. Sebagai informasi menarik bagi Anda bahwa okra memiliki khasiat sebagai salah satu obat untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan kadar gula dalam darah.
Khasiat buah okra sudah dibuktikan dengan adanya berbagai kandungan zat yang terdapat di dalamnya. Buah okra adalah salah satu buah kaya manfaat yang mengandung banyak serta serta protein. Terdapat kurang lebih 40% kandungan minyak yang ditemukan dalam buah okra. Protein yang dimilikinya sebesar 3.9% dilengkapi dengan fosfor 0.77% serta kalium sebesar 6.68%.

Sayuran berwarna hijau yang kaya akan serat ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

Hal ini dikarenakan kandungan glutation yang terdapat di dalamnya. Selain kolesterol dan diabetes, tanaman ini bermanfaat untuk mencegah kanker kolon serta obesitas. Nah, bagaimana cara pengolahan buah okra sebagai obat?

Proses Pengolahan Buah Okra Sebagai Obat Diabetes dan Kolesterol

Buah yang berasal dari benua Afrika ini sekarang sudah dikenal luas oleh berbagai negara di benua lainnya seperti di Asia, Eropa, bahkan di Australia. Manfaat buah okra untuk kesehatan ini sebenarnya sudah dikenal sejak dulu. Tanaman yang memiliki banyak penggemar ini bisa ditanam dengan sistem hidroponik secara mudah. Jadi, Anda yang memiliki lahan yang sempit bisa mencoba menanamnya dengan cara hidroponik di rumah. Baiklah, langsung saja, inilah proses pengolahan buah okra untuk dijadikan obat diabetes serta penurun kolesterol di dalam tubuh.

  • Pertama-tama, persiapkan 4 buah okra kemudian rajang tipis-tipis.
  • Rendamlah hasil rajangan buah okra ke dalam air (kurang lebih dua gelas air) dan kemudian masukkan ke dalam kulkas. Hasil rendaman buah okra akan menghasilkan air yang berlendir.
  • Cara mengolah okra untuk obat selanjutnya adalah dengan meminum air rendaman buah okra. Anda bisa meminum air rendaman buah okra setelah makan.
  • Setelah diminum, rendam lagi rendaman air okra seperti sebelumnya. Anda bisa menggunakan rajangan buah okra untuk direndam dalam waktu 3 kali.
Rasa dari air rendaman buah okra sangat sejuk. Akan sangat pas rasanya jika mengonsumsinya dalam siang hari yang panas. Untuk menurunkan kadar gula dalam darah serta menurunkan kolesterol, Anda bisa meminum air rendaman okra dalam kehidupan sehari-hari. Minumlah secara teratur agar kolesterol serta gula darah berangsur membaik. Itulah cara mengolah okra untuk obat diabetes maupun kolesterol. Salam hidup sehat untuk Anda semua.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
Lifestyle