Cara Mengolah Mie Telor Agar Masakan Lebih Sedap

Mie telor enak dijadikan berbagai hidangan mie, baik itu mie goreng maupun mie kuah yang lezat. Selain praktis, penyajian atau pengolahan mie telor juga mudah. Rasanya yang kenyal dan pas apabila dipadukan dengan bumbu-bumbu yang tepat akan menghasilkan sajian mie yang sedap. Tapi kadang kita kurang tepat dalam mengolah mie telor sehingga mie yang dihasilkan terlalu lembek. Lalu, bagaimana cara mengolah mie telor agar tidak lembek namun matang sempurna sehingga tekstur dan rasa makanan lebih sedap?
Pertama, Anda harus tahu cara memilih mie telor yang benar-benar enak? Di pasaran, ada banyak sekali jenis mie telor, tentunya semuanya enak, asalkan Anda memilih jenis mie telor yang tepat untuk makanan yang tepat. Caranya adalah lihat ukuran mie telor, jika terlalu kecil diameternya kemungkinan mie akan cepat lembek atau remuk saat direbus, sehingga pilihlah yang sedikit lebih besar. Jangan lupa Anda juga harus mengecek kadaluarsa dari produk mie telor yang Anda beli, jangan sampai membeli produk kadaluarsa. 

Cara mengolah mie telor yang benar agar tidak lembek atau remuk adalah dengan merebus sejak. Caranya siapkan air dalam panci rebus, tunggu hingga mendidih. Setelah itu, masukan mie telor ke dalam air mendidih, rebus selama kurang lebih 3 menit. Jangan terlalu lama karena mie telor akan remuk atau lembek. Setelah itu segera tiriskan, jangan dibiarkan direndam dalam air rebusan karena akan membuat mie semakin lembek. 

Selanjutnya adalah cara memasak mie telor agar lebih enak dan tidak remuk. Siapkan bumbu-bumbu halus atau yang telah dicincang. Tumis dengan minyak secukupnya. Kemudian masukan telor, ayam yang telah disuwir, bakso dan aneka pelengkap lainnya. Setelah itu, masukan sayuran seperti wortel, kol, daun bawang dan sebagainya. Tunggu hingga sayuran cukup matang. Nah, mie telor yang telah ditiriskan tersebut dimasukkan paling akhir. Bersama dengan kecap, saus sambal dan sebagainya. Aduk perlahan hingga mie tercampur merata.

Tentunya jika Anda memasak mie rebus atau mie kuah maka caranya akan berbeda. Jika Anda ingin memasak mie baik kuah maupun goreng, maka Anda harus menyiapkan semua bahan terlebih dahulu. Jangan menyiapkan bahan sambil memasak, karena akan membuat mie menjadi over cooking sehingga lembek atau remuk. Bahan-bahan seperti ayam suwir, sosis, bakso maupun kaldu daging sebaiknya telah disiapkan dalam wadah tersendiri sebelum mulai memasak.

Cara mengolah mie telor mudah bukan? Memang gampang-gampang susah jika Anda baru pertama kali memasak mie telor. Terpenting asalkan Anda memilih jenis mie telor yang tepat, merebus dengan waktu yang benar, maka akan dihasilkan mie dengan tekstur dan kekenyalan yang pas. Terakhir agar olahan moe telor Anda lezat, maka gunakan bumbu-bumbu pilihan yang akan membuat masakan menjadi benar-benar pas dan lezat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel