Cara Mengolah Buah Naga untuk Bayi Agar Aman Dimakan dan Tidak Menggangu Pencernaan

Buah naga adalah jenis buah yang berasal dari tanaman keluarga kaktus-kaktusan. Di Indonesia sendiri, buah naga paling populer adalah yang warnanya merah dan putih. Meskipun sebenarnya ada yang berwarna ungu dan kuning. Buah naga mengandung banyak nutrisi dan vitamin diantaranya protein, serat, lemak, kalsium, dan vitamin C. Bagi Anda yang memiliki bayi, konsumsi buah naga untuk bayi juga baik bagi kesehatan. Cara mengolah buah naga untuk bayi cukup mudah, Anda bisa melakukannya sendiri dirumah.

biji buah naga untuk bayi,biji buah naga berbahaya,biji buah naga untuk bayi,olahan buah naga untuk bayi,resep jus buah naga untuk bayi,resep puding buah naga untuk bayi,
Baca juga : Cara Olah Cumi Basah

Aneka Olahan Buah Naga untuk Bayi

Buah naga sangat populer di Asia Tenggara, meskipun asalnya dari Amerika Tengah. Buah ini banyak dikonsumsi sebagai buah meja, maupun untuk terapi kesehatan menyembuhkan beberapa penyakit. Untuk bayi, buah ini digunakan sebagai asupan nutrisi. Adapun cara mengolah buah naga untuk bayi adalah sebagai berikut:

1. Bubur

Paling mudah membuat olahan buah naga adalah dengan membuat bubur. Bubur adalah makanan paling familiar untuk bayi yang belum bisa mengunyah. Caranya adalah dengan mengupas kulit buah naga dan mengambil daging buahnya. Isi buah naga tetap disertakan, mengingat sulit untuk memisahkan daging buah dengan isinya yang sangat banyak. Anda bisa melembutkan daging buah naga dengan sendok atau alat pelembut makanan. Kemudian tinggal menyuapkan pada bayi kesayangan Anda.

2. Puding

Cara mengolah buah naga untuk bayi cukup mudah, salah satunya dengan membuat puding. Mungkin terdengar aneh bayi diberi makan puding. Namun puding ini bukan berarti harus dalam bentuk padat dan dingin. Anda bisa membuat puding buah naga dengan cara melembutkan jadi bubur, selanjutnya Anda masak bubuk agar-agar hingga matang, lalu ketika sudah agak mendingin, campurkan larutan agar tersebut dengan bubur buah naga. Ini akan memberikan serat yang cukup untuk bayi Anda.

3. Jus

Cara mengolah buah naga untuk bayi lainya adalah dengan membuat jus. Disini jus yang dimaksud bentuknya hampir sama dengan bubur. Daging buah naga, baik merah atau putih diblender dengan sedikit air. Kemudian hasil blenderan tersebut dituangkan ke mangkuk untuk kemudian disuapkan ke bayi Anda.

4. Buah segar

Untuk bayi, hal yang sama bisa dilakukan seperti Anda menyuapkan pisang. Buah naga bisa Anda berikan kepada bayi Anda dengan cara mengeruk lembut daging buahnya. Jadi Anda bisa langsung mengupas buah tanpa harus melembutkan atau membuat jus. Usahakan bayi sudah cukup kuat pencernaannya untuk menerima makanan selain asi.
Beberapa cara diatas adalah yang paling mudah berkaitan dengan cara mengolah buah naga untuk bayi. Yang perlu Anda perhatikan adalah kekuatan pencernaan bayi. Beberapa kasus malah membuat bayi mengalami diare karena belum kuat menerima makanan keras selain asi. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel