Cara Mengolah Biji Coklat Secara Tradisional Hingga Siap Masak

Buah coklat merupakan salah satu komoditi Indonesia. Indonesia memiliki banyak daerah yang menghasilkan buah coklat dalam jumlah yang banyak setiap tahunnya. Coklat atau yang dikenal dengan nama kakao merupakan salah satu tumbuh subur di wilayah Indonesia yang tropis. Cara mengolah biji coklat secara tradisional bisa dilakukan untuk membuat berbagai macam olahan makanan dengan menggunakan bahan coklat sebagai campurannya. Cara pengolahannya memerlukan waktu yang cukup panjang dan lama tidak secepat jika Anda membeli coklat siap pakai di supermarket.

cara fermentasi biji kakao,cara membuat bubuk coklat manis,cara mengolah biji coklat mentah,cara mengolah kakao menjadi coklat batangan,pengolahan kakao menjadi coklat pdf,
Baca juga : Mengolah Buah Bit

Untuk informasi bagi Anda jika Indonesia merupakan negara penghasil coklat terbanyak di dunia setelah negara Ghana dan Pantai Gading. Oleh karena itu, tidak heranlah jika banyak petani coklat di Indonesia yang terus menggeluti usaha bertanam coklat. Olahan biji coklat yang telah siap pakai di supermarket nyatanya juga memiliki harga yang bagus dan bersaing. Bagi Anda yang memiliki tanaman coklat di rumah dan telah masak, Anda bisa mencoba mengolahnya sendiri sampai siap pakai. Coklat biji dapat diolah menjadi coklat batangan siap makan dengan peralatan seadanya di rumah lho. Apakah Anda ingin mencoba membuatnya?

Cara Mengolah Biji Coklat Menjadi Coklat Siap Konsumsi

Untuk membuat coklat siap konsumsi, terdapat beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Anda harus mengolahnya dengan baik agar coklat siap konsumsi yang dihasilkan pun layaknya coklat yang Anda beli di supermarket. Nah, bagaimanakah caranya? Berikut ini kami rangkumkan informasinya untuk Anda.
  • Pertama, Anda harus membersihkan biji coklat terlebih dahulu. Dengan demikian, semua benda asing yang menempel pada biji coklat akan hilang
  • Proses berikutnya adalah dengan memanggang atau menyangrai biji coklat yang telah dibersihkan. Melalui proses ini, aroma coklat akan keluar. Anda bisa melakukan proses sangrai dengan menggunakan oven di rumah.
  • Cara mengolah biji coklat secara tradisional berikutnya adalah dengan membuang kulit luar dari biji coklat. Pisahkan kulit luar menggunakan alat pemberat atau pun mini huller jika ada.
  • Setelah biji coklat panggang benar-benar bersih, Anda bisa menggilingnya.
  • Setelah Anda mendapatkan coklat dalam bentuk serbuk, Anda bisa menambahkannya dengan gula maupun susu. Kocok coklat menggunakan mixer.
  • Panaskan dalam suhu 48 derajat celcius selama 12 menit. Dinginkan dan cetak menjadi coklat batangan.
Coklat batangan pun bisa Anda nikmati. Lezat dan nikmat bukan? Pastinya, rasa coklat akan lebih berkesan karena Anda sendirilah yang membuatnya. Anda juga bisa menggunakan serbuk coklat untuk membuat olahan makanan lainnya seperti untuk membuat kue maupun es krim. Ya, itulah cara mengolah biji coklat secara tradisional dan mudah di rumah. Selamat bereksperimen di rumah dan semoga coklat buatan Anda disukai oleh keluarga dan anak-anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel