Cara Mengolah Sarden Menjadi Masakan Yang Lezat

Makanan kaleng menjadi salah satu solusi bagi orang-orang yang ingin praktis dalam membuat lauk. Tidak setiap orang memiliki waktu untuk memasak. Oleh karena itu, memilih makanan kaleng merupakan pilihan yang tepat. Namun, imbangi dengan memasak sayuran yang sehat dan hindari mengkonsumsi makanan kaleng terus-menerus. Salah satu makanan kaleng yang lezat adalah Sarden. Anda bisa memilih berbagai merk sarden di supermarket bahkan di pasar. Cara mengolah sarden dengan tepat akan menjadikannya masakan yang lezat dan mantap.

cara memasak sarden abc saus cabai,cara memasak sarden kaleng agar tidak amis,cara memasak sarden tanpa bumbu tambahan,cara membuat sarden sendiri,resep olahan sarden kaleng,
Baca juga : Susu Sapi Murni

Sarden merupakan makanan kaleng yang berisi ikan yang telah dimasak dan telah diberi saus. Sebenarnya, sarden yang dibeli dalam kaleng sudah bisa disantap langsung. Namun, kebanyakan orang memasaknya terlebih dahulu sebelum dimakan. Memasak sarden bisa dilakukan dengan praktis dan mudah. Cara memasak sarden yang benar pasti akan disukai oleh keluarga. Anda harus mengolahnya dengan perlahan agar tidak membuat ikan sarden menjadi hancur karena ikan sarden biasanya sangat empuk atau lunak.

Ini Dia Cara Memasak Sarden Pedas Asam Manis

Anda bisa mencoba memasak sarden menjadi sajian sarden pedas asam manis. Cara mengolah sarden asam manis pun terbilang cukup mudah. Selain bahan utamanya yaitu sarden yang perlu dipersiapkan, Anda harus mempersiapkan bahan-bahan lainnya sebagai berikut:
  • 4 siung bawang merah dan 4 siung bawang putih
  • Bawang bombay secukupnya
  • 10 cabai merah(bagi penegemar pedas)
  • Penyedap rasa
  • ½ ruas jahe
  • Kemangi
  • 2 buah tomat
  • Minyak goreng secukupnya
  • Daun bawang secukupnya
Setelah semua bahan tersebut dipersiapkan, inilah cara memasak sarden asam manis untuk Anda. Pertama-tama, haluskan bumbu. Bumbu yang harus dihaluskan adalah bawang merah, bawang putih, serta cabai. Iris-iris jahe dengan halus dan iris pula daun bawang, tomat, serta bawang bombai. Setelah semua bumbu telah siap, mulailah dengan menumis bumbu halus terlebih dahulu. Setelah Anda mencium bau harum, tambahkan tomat dan bahan yang lainnya. Aduk-aduk hingga merata sehingga semua tercampur.

Ketika semua bumbu telah tercampur merata, kini saatnya Anda untuk memasukkan sarden. Masukkan sarden dengan hati-hati dan perlahan agar ikan sarden yang terdapat di dalam kaleng tidak hancur. Jika hancur, rasanya pasti akan berbeda. Meskipun ikannya sama, penampilan ikan sarden yang hancur dan tidak akan membuat selera menjadi berbeda. Jadi, perhatikan dengan baik saat memasukkan ikan sarden ya.

Setelah ikan sarden matang, angkatlah. Sajikan dengan nasi hangat dengan lalapan daun kemangi yang nikmat. Rasanya mantap dan pasti menggugah selera Anda. Itulah cara mengolah sarden menjadi sajian sarden asam manis yang sedap dan nikmat. Selamat mencoba. Semoga semua anggota keluarga Anda menyukai sajian spesial kali ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel