Tips Cara Mengolah Kentang Untuk Diet Sehat

Kentang adalah nama populer untuk tanaman yang berasal dari suku Solanaceae. Tanaman ini sebenarnya adalah umbi batang dimana batang menyimpan cadangan makanan dan dapat dikonsumsi manusia. Kandungan gizi kentang diantaranya karbohidrat, protein, vitamin C, dan polifenol. Akibat kandungan protein dan karbohidratnya, tanaman kentang banyak dikonsumsi sebagai sumber makanan, salah satunya untuk diet. Cara mengolah kentang untuk diet menjadi salah satu andalan resep disamping konsumsi roti atau nasi.

cara membuat kentang rebus,diet kentang 13 hari,diet kentang rebus dan telur,diet kentang turun 20 kg,kentang rebus bikin kurus,menu diet kentang seminggu,olahan kentang rebus yang enak,
Baca juga : Keong Mas

Cara Mengolah Kentang Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Di beberapa negara barat, konsumsi kentang sangat populer. Namun di Indonesia hal ini kurang umum, mengingat orang Indonesia lebih suka makan nasi. Mengkonsumsi kentang hanya untuk beberapa alasan seperti diet atau terapi pengobatan lainya. Tentu saja tujuan utamanya adalah sebagai pengganti nasi. Adapun cara mengolah kentang untuk diet bisa dilakukan dengan cara merebus. Cara ini dianggap paling sederhana dan mudah dilakukan. Terlebih cara ini cukup aman bagi kesehatan tubuh, mengingat cara pengolahan tidak menggunakan minyak.

Untuk menambah rasa, Anda bisa mengkonsumsinya dengan telur setengah matang atau chips ikan yang sudah dibumbui. Ingat, untuk tujuan diet, perhatikan jumlah garam yang Anda gunakan. Hal ini karena garam berpengaruh pada metabolisme tubuh Anda dan mungkin malah membuat Anda gemuk. Untuk itu, minimalkan penggunaan garam dapur dalam merebus kentang untuk diet.

Selain direbus, kentang juga bisa diolah dengan cara dikukus. Beberapa orang melakukan cara mengolah kentang untuk diet dengan dikukus dibandingkan merebus. Mereka beranggapan jika merebus kentang akan melarutkan vitamin yang terkandung di dalamnya. Adapun mengukus kentang dapat dilakukan dengan cara sederhana. Yakni, Anda bisa menggunakan sedikit air, dan meletakkan kentang diatas kukusan. Setelah matang, teksturnya tidak terlalu keras, Anda bisa memakannya, baik langsung ataupun bersama kacang polong dan sedikit garam.

Sebenarnya, pengertian diet sendiri bukan hanya ditujukan untuk menurunkan berat badan. Orang kurus dengan berat badan yang kurang juga perlu diet untuk menambah berat. Adapun salah satu cara mengolah kentang untuk diet penambahan berat badan adalah dengan memasak kentang goreng dan memakan bersama menu telur mata sapi, sosis, dan roti toas. Masakan ini memang bentuknya agak kebarat-baratan, tapi itulah komposisi pas menu diet dengan kentang.

Jika tadi kentang goreng masih disajikan dengan makanan sehat, untuk orang kurus yang ingin menambah berat badan, Anda bisa mengkonsumsi kentang goreng dengan makanan berlemak lain seperti burger, hotdog, kebab dan sebagainya. Yang perlu diperhatikan, konsumsi makanan seperti ini jangan terlalu sering karena mengandung kolesterol.

Ya, itulah beberapa menu olahan yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Cara mengolah kentang untuk diet tidak harus dalam bentuk makanan sehat dan tanpa rasa. Membuat kentang goreng berminyak dengan makanan berlemak lainya juga bisa Anda lakukan. Tentu saja jangan terlalu sering, karena asupan kolesterol dan lemak berlebihan malah akan membuat Anda menderita banyak penyakit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel