Cara Mengolah Keong Mas Agar Aman Dikonsumsi

Salah satu makanan sumber protein alternatif yang layak menjadi pilihan adalah keong mas. Hewan air ini mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Ternak keong mas juga mudah dilakukan, bahkan banyak peternak yang mampu mengekspornya hingga ke Jepang. Bagi sebagian orang, mengkonsumsi hewan yang banyak hidup di persawahan ini ternyata membuat mabuk. Hal itu dikarenakan cara membersihkannya yang kurang benar. Padahal jika cara mengolah keong mas dilakukan dengan benar, maka masakan yang dihasilkan bisa sangat lezat.
Keong mas memiliki rasa gurih dan bertekstur kenyal. Kandungan proteinnya cukup tinggi, sehingga layak menjadi sumber protein alternatif. Selain itu, hewan ini juga mengandung kalsium, karbohidrat dan vitamin. Beberapa zat yang termasuk anti gizi juga berada dalam keong mas. Zat-zat tersebut adalah asam oksalat, asam hidrosianin dan asam tanin. Zat-zat ini harus dihilangkan dengan cara membersihkan keong mas yang benar sebelum proses memasak dilakukan. 

Cara Untuk Membersihkan Keong Mas

Agar anti gizi, lendir dan racun dalam keong mas dapat dihilangkan, maka harus dilakukan langkah-langkah membersihkan yang benar. Langkah yang pertama adalah dengan memasukkan keong mas ke dalam ember, kemudian mencucinya hingga semua lumpur ataupun pasir dapat terlepas. Selanjutnya siram keong dengan air panas, hingga semuanya terendam. Tambahkan air kapur sirih secukupnya kemudian biarkan selama beberapa menit. Cara mengolah keong mas dengan penambahan air kapur sirih ini bertujuan untuk menghilangkan zat-zat anti gizi yang berada di dalam tubuh keong. 

Penambahan air panas dapat mempermudah lepasnya keong dari cangkang. Maka setelah direndam dalam air panas tersebut, kita bisa mulai melepaskan daging keong dari cangkangnya. Gunakan garpu untuk mencongkelnya. Kemudian bersihkan daging keong dengan membuang semua kotorannya. Selain itu dilakukan juga cara menghilangkan racun keong mas dengan membuang bulatan merah yang berada ditengah-tengah daging. Bulatan itulah yang dapat membuat mabuk. Selanjutnya bersihkan kembali keong dengan air. 

Cara Memasak Keong Mas

Keong Mas yang sudah bersih dan aman dikonsumsi, kemudian bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Ada yang membuatnya menjadi kerupuk, peyek, keripik, botok bahkan nugget. Sate keong mas juga sudah memiliki banyak penggemar. Sedangkan untuk masakan rumahan, keong mas dapat dimasak dengan bumbu rica-rica, sambal goreng, oseng-oseng, asam manis dan masih banyak lagi. 

Saat memasak keong mas untuk aneka masakan rumahan, ada sebagian orang yang langsung memasukkan keong ke dalam bumbu. Tetapi agar rasanya lebih nikmat, keong ini dapat digoreng terlebih dahulu hingga setengah matang. Setelah itu, baru dimasukkan ke dalam bumbu-bumbu yang sudah disiapkan. Cara mengolah keong mas memang sangat beragam. Tetapi pengolahan dengan cara apapun akan dapat memberikan protein hewani yang baik bagi siapa saja yang mengkonsumsinya.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
Lifestyle