Resep dan Cara Mengolah Tofu Jepang

Tofu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai. Jika di Indonesia, tofu bentuknya seperti tahu. Tofu adalah makanan khas Jepang yang dibuat dengan proses yang hampir sama dengan tahu Indonesia, hanya saja teksturnya lebih lembut. Lebih lanjut, tofu juga dikenal dengan tahu sutra. Proses pembuatan tofu ini menghasilkan tekstur yang lebih kuat dan tahan untuk pengolahan selanjutnya. Cara mengolah tofu bermacam-macam, tergantung selera dari masing-masing orang.

Aneka Resep Olahan Tofu

Pada dasarnya, tofu adalah bahan makanan yang mudah diolah. Anda tidak perlu menambahkan terlalu banyak bumbu tambahan untuk membuatnya jadi enak. Secara sederhana, hanya merebus dengan air garam dan bawang putih, rasa tofu sudah enak. Terlebih lagi di beberapa restoran bergaya oriental, sajian tofu sangat familiar dalam berbagai resep. Lebih lanjut, ada beberapa cara mengolah tofu yang bisa Anda coba. Berikut diantaranya:
1. Tofu pepes
Resep masakan pepes dengan bahan dasar tofu nampaknya belum terlalu familiar, mengingat beberapa masakan pepes menggunakan ikan, ayam, atau daging. Sedangkan tofu pepes mungkin hal baru yang layak dicoba. Anda bisa membungkus tofu yang sudah dipotong persegi panjang dengan ketebalan sedang, kemudian membubuhkan bumbu pedas atau manis, lalu membungkusnya dengan daun pisang. Selanjutnya, Anda tinggal mengukus dalam panci. Pepes tofu juga bisa dimasak dengan cara dibakar.
2. Tofu tumis
Cara mengolah tofu dan membuatnya menjadi tofu tumis sudah banyak dilakukan. Hal ini karena tumis tofu cukup mudah dibuat dan bumbu apapun bisa bercampur dengan mudah. Tofu yang rasanya hambar mudah dipengaruhi bumbu tumis pedas, manis, atau sekedar ditumis dengan campuran cabai merah. Tekstur tofu yang lembut membuat bumbu mudah meresap, dan ketika dimakan rasa tofunya tidak hilang.
3. Tofu goreng
Beberapa tofu dijual dengan bentuk kotak. Sementara jika Anda ingin membuat tofu goreng, bentuk bisa dimodifikasi menjadi apapun, misalnya bulat. Cara mengolah tofu goreng adalah dengan mencampurkan tofu yang sudah dihancurkan dengan cara diremas, dengan bumbu lain seperti irisan halus wortel, daun bawang, dan bumbu penyedap seperti bawang putih atau bumbu masak dalam kemasan. Selanjutnya, adonan tofu tersebut dibentuk bulat dan langsung digoreng.
4. Siomay tofu
Ini adalah resep modifikasi menggunakan tambahan kulit lumpia yang diisi dengan adonan tofu yang sudah dihancurkan. Sebelum diisikan pada kulit lumpia, adonan tofu sudah Anda bumbui hingga benar-benar gurih. Selanjutnya, cara mengolah tofu siomay yang sudah dibungkus bisa Anda kukus atau goreng.
Itulah beberapa menu masakan yang bisa Anda buat dengan bahan dasar tofu. Tofu sangat mudah diolah karena teksturnya yang bersahabat untuk dimasak dengan cara apapun. Cara mengolah tofu bisa Anda coba sendiri dengan resep keluarga atau lakukan percobaan. Anda tidak perlu takut gagal karena ketika gagalpun, rasa tofu masih enak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel