Cara Mengolah Bunga Papaya dan Menghilangkan Rasa Pahitnya

Bunga pepaya termasuk dalam satu struktur yang sama dengan tanaman pepaya, dimana hampir semua bagian tumbuhannya bisa dimanfaatkan, mulai dari daun, bunga, buah, biji, dan bahkan akarnya. Mengolah masakan berbahan dasar bunga pepaya hampir sama saat mengolah daun pepaya. Keduanya memiliki karakteristik sama. Sama-sama pahit dan perlu perlakuan khusus sebelum naik ke kompor. Cara mengolah bunga pepaya hampir sama dengan mengolah daun pepaya, perlu bahan tambahan yang berfungsi menghilangkan rasa pahit.

Aneka Resep Bunga Pepaya Enak dan Mudah

Bunga pepaya bisa diolah menjadi aneka masakan enak dan bergizi. Hal ini disebabkan karena senyawa alkaloid carpein yang rasanya pahit namun berfungsi sebagai obat penyakit jantung. Orang Indonesia mungkin tidak terlalu bisa menerima rasa pahit ini, jadi sedikit tehnik diperlukan supaya rasanya cukup enak di lidah. Nah, untuk menghilangkan rasa pahit dari bunga pepaya ini, pertama, sebelum dimasak, Anda perlu mengurangi rasa pahit bunga pepaya. Caranya adalah dengan merebus bunga pepaya bersama asam jawa dan garam. 

Jika pada daun pepaya, perebusan dilakukan dengan mencampur daun jambu atau dicuci terlebih dahulu dengan garam kasar, pada bunga pepaya sedikit lebih mudah. Rebus hingga lunak atau empuk, kemudian tiriskan. Bunga pepaya siap dimasak lebih lanjut, misalnya saja tumis bunga pepaya. Cara mengolah bunga pepaya paling mudah adalah dengan membuat tumis. Setelah Anda merebus hingga hilang rasa pahitnya, selanjutnya Anda bisa menumis bunga pepaya dengan bumbu apa saja. 

Paling mudah adalah dengan campuran bawang putih dan bawang merah serta cabai. Jika Anda merasa terlalu sederhana, Anda bisa menambahkan udang ebi atau ikan teri medan (teri nasi). Yang perlu Anda perhatikan adalah penambahan garam. Garam membantu menyamarkan rasa pahit bunga pepaya sehingga rasanya lebih sedap dan bisa diterima. Selain dengan tumis teri, cara mengolah bunga pepaya bisa dilakukan juga dengan membuat tumis campuran bunga pepaya dengan bahan lain seperti kangung, tofu, udang dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut berguna untuk menyamarkan rasa pahit pepaya. Anak-anak lebih suka makanan gurih, jadi bunga pepaya yang pahit bisa tetap dikonsumsi tanpa mengurangi ke-gurih-an masakan. 

Namun jika Anda tidak menyukai tumis, Anda juga salah satu cara mengolah bunga pepaya menjadi pepes. Pepes ini bentuk modifikasi masakan berbahan bunga pepaya yang bisa dicampurkan dengan ikan. Mencampurkan ayam atau daging bersama bunga pepaya dalam pepes nampaknya akan memberikan rasa yang bersebrangan dan malah tidak nyambung. Ikan adalah pilihan terbaik karena rasanya juga netral.

Sebenarnya, masih ada banyak jenis olahan bunga pepaya. Cara mengolah bunga pepaya pun bermacam-macam sesuai selera. Namun yang pasti, menghilangkan atau mengurangi rasa pahit pepaya diperlukan agar supaya lebih bisa diterima di lidah orang Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel