Panduan Cara Mengolah Biji Coklat Secara Manual Tanpa Mesin Besar

Cokelat merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digemari. Tidak hanya anak-anak saja yang suka cokelat, tapi orang dewasa juga banyak yang menyukainya. Hal ini dikarenakan cokelat mempunyai cita rasa yang khas dan dapat diolah menjadi berbagai makanan. Nah, bagi Anda yang suka memasak, sudah tahukah Anda bagaimana cara mengolah biji coklat secara manual? Biji cokelat ini merupakan cokelat asli yang baru dipetik dari pohonnya. Bagi Anda yang mempunyai pohon cokelat bisa mencoba mengolahnya secara manual.

cara fermentasi biji kakao,cara membuat bubuk coklat manis,cara mengolah biji coklat mentah,cara mengolah coklat bubuk menjadi coklat cair,pengolahan kakao menjadi coklat pdf,
Baca juga : Buah Manjakani

Cara mengolah biji coklat secara manual bisa dilakukan secara sederhana tanpa harus menggunakan mesin besar seperti yang ada di pabrik cokelat. Pengolahan biji cokelat secara manual bisa dilakukan dengan menggunakan oven dan mixer. Untuk lebih jelasnya, berikut ini panduan cara mengolah biji coklat mentah secara tradisional:
  • Langkah pertama yang dilakukan adalah membeli biji kakao yang sudah difermentasikan. Anda bisa membeli biji kakao atau biji cokelat fermentasi ini di supermarket terdekat.
  • Selanjutnya biji cokelat yang sudah difermentasikan ini disangrai terlebih dahulu. Cara menyangrai biji cokelat yang paling mudah, yaitu dengan menggunakan oven. Untuk menyangrai biji cokelat dengan oven ini sangat mudah, yaitu letakkan biji cokelat pada loyang kemudian masukkan dalam oven. Atur suhu oven agar cukup panas, lalu lakukan roasting selama kurang lebih 30 menit. Anda juga bisa menyangrai biji cokelat ini dengan menggunakan wajan tanah liat diatas api sedang selama 30 menit.
  • Setelah biji cokelat disangrai, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memisahkan isi biji cokelat dari kulitnya. Untuk memisahkannya, Anda bisa menggunakan cara menumbuk halus biji cokelat sambil dikipasi. Teknik ini dilakukan agar kulit cokelat yang masih menempel bisa terbang sehingga yang tersisa hanya cokelatnya saja.
  • Langkah yang selanjutnya yaitu melakukan penggilingan. Penggilingan biji cokelat ini dilakukan dengan menggunakan mixer. Jika biji cokelat yang digunakan sedikit, maka Anda bisa menggunakan mixer kecil menggilingnya. Biji cokelat ini harus digiling sampai menjadi pasta cokelat.
  • Selanjutnya jika cokelat sudah menjadi pasta, maka Anda bisa menambahkan gula atau bahan lainnya agar rasanya menjadi lebih enak.
  • Setelah proses penggilingan selesai, maka Anda perlu memanaskan adonan cokelat tadi dengan menggunakan oven selama kurang lebih 12 menit. Gunakan suhu 48 derajat untuk memanaskan cokelat.
  • Kemudian cokelat yang sudah dipanaskan tadi dicetak dan disimpan dalam lemari pendingin sampai beku. Cokelat sudah siap untuk dihidangkan.
Cara mengolah biji coklat sederhana diatas merupakan cara yang bisa dilakukan untuk biji cokelat yang sudah melalui proses fermentasi. Biasanya, proses fermentasi ini dilakukan dengan menggunakan teknologi khusus. Tujuan dilakukannya fermentasi ini adalah untuk menghilangkan kadar air dan kadar jamur yang ada pada biji kakao atau biji cokelat yang masih mentah. Sehingga jika Anda akan menggunakan cara mengolah biji coklat secara manual diatas, maka pastikan jika biji cokelat yang digunakan adalah biji cokelat yang sudah melalui proses fermentasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel