Cara Mengolah Jamur Merang Sebelum Dimasak

Jamur merang sama seperti namanya merupakan jenis jamur yang tumbuh diatas merang atau sekam padi. Jamur ini juga banyak dibudidayakan dalam bentuk kumbung-kumbung sekam padi. Jamur merang sangat lezat dan disukai karena rasanya. Cara mengolah jamur merang menjadi berbagai masakan atau makanan sangat mudah. Anda bisa mengolah jamur ini menjadi berbagai sup, semur, masakan pedas dan sebagainya. Jamur merang juga bisa diolah menjadi keripik yang kriuk dan lezat. 

cara memasak jamur merang goreng,cara memasak jamur sawit,olahan jamur sawit,resep jamur merang crispy,resep jamur saus tiram,resep pepes jamur merang,resep sup jamur merang,tumis jamur tahu,
Baca juga : Kayu Manis

Sebelum dimasak menjadi berbagai resep masakan jamur merang yang lezat, jamur merang sebaiknya dibersihkan dan direbus terlebih dahulu. Jamur merang memang biasanya dijual dalam bentuk segar, namun untuk menghindari seandainya ada petani nakal yang menyemprot produknya agar lebih awet dan tak cepat busuk maka Anda sebaiknya jeli dan berhati-hati dalam memilih. Membersihkan dan merebus sebelum dimasak setidaknya akan menghilangkan kotoran dan obat yang menempel. 

Cara mengolah jamur merang sebelum dimasak cukup dengan merebus selama beberapa menit. Caranya, siapkan panci isi dengan air secukupnya lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu, masukkan jamur merang yang telah disortir, dicuci atau dibersihkan. Diamkan selama 5 menitan, kemudian aduk-aduk perlahan. Diamkan lagi hingga air rebusan berwarna keruh atau kecokelatan. Angkat jamur merang, kemudian cuci bersih sekali lagi dan tiriskan. Sementara air rebusannya dapat dibuang atau dinginkan untuk menjadi pupuk tanaman.

Jamur merang maupun jamur kancing sebaiknya memang direbus dahulu sebelum dimasak. Sementara jenis jamur kuping kering cukup direndam dengan air panas selama beberapa saat. Sebaliknya jika Anda ingin memasak jamur tiram, jamur tiram sebaiknya juga dikukus sebelum diolah. Hal ini untuk menghilangkan aroma langu dan bau serbuk kayu yang menempel. Jangan khawatir, merebus atau mengukus tidak akan menghilangkan cita rasa dan khasiatnya. 

Selanjutnya cara memasak jamur merang tentu sesuai dengan selera. Jika Anda ingin membuat pepes jamur merang Anda bisa menyiapkan bumbu-bumbu pepes seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kemangi, sereh, daun salam, irisan cabe dan cabe utuh. Tata pepesan jamur merang dalam daun pisang lalu kukus hingga matang. Jika ingin mengolah jamur merang menjadi sup caranya juga mudah. Anda bisa menambahkan berbagai sayuran, potongan daging dan kaldu. Tak perlu menambahkan penyedap rasa karena jamur bisa menguatkan rasa masakan. 

Jamur merang juga nikmat disajikan dengan saus tiram, dimasak asam manis dan sebagainya. Silakan uji kreativitas Anda dalam menyajikan masakan jamur merang yang berselera dan bercitarasa. Cara mengolah jamur merang mudah bukan? Setelah direbus, Anda bisa menyulap jamur merang menjadi berbagai masakan yang lezat dengan bumbu-bumbu rempah khas nusantara. Oh iya, jika Anda ingin menyimpan di kulkas, simpan dalam keadaan mentah dalam wadah tertutup.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel