Cara Mengolah Data Kuesioner Dengan Excel Serta Cara Entry Datanya

Penelitian pada tugas akhir atau skripsi mengharuskan setiap mahasiswa untuk belajar mengolah data. Pengolahan data bisa dilakukan secara manual dengan bantuan Microsoft Excel maupun dengan menggunakan bantuan SPSS. Cara mengolah data kuesioner dengan Excel bisa Anda coba dengan langkah yang berurutan. Banyak orang yang memilih untuk mengolah data dengan menggunakan Excel ketika data yang dikumpulkan adalah data dalam bentuk kuesioner. Memang ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan data. 

cara input data kuesioner ke excel,cara menghitung hasil kuesioner dengan excel,cara mengolah data angket,cara mengolah data kuesioner menggunakan spss,contoh tabulasi data kuesioner,
Baca juga : Data Kuesioner

Cara yang cukup mudah yang biasanya dilakukan adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner. Olah data menggunakan Excel biasanya oleh peneliti yang melakukan sebuah studi atau penelitian kuantitatif. Peneliti sebelumnya harus membuat angket dengan pernyataan-pernyataan yang telah disusun terlebih dahulu. Langkah berikutnya adalah dengan menyebarkan angket atau kuesioner kepada responden-responden yang telah ditentukan sebelumnya. 

Tanggapan dari responden dalam sebuah kuesioner tersebut itulah yang nantinya akan menjadi data dan diuji dalam sebuah pengolahan data. Akhirnya, hipotesis pun akan bisa didapatkan. Nah, bagaimana langkah olah data menggunakan MS Excel?

Cara Mudah Olah Data Menggunakan Ms Excel

Olah data menggunakna Ms Excel merupakan salah satu solusi yang tepat. Selain menggunakan Ms Excel, peneliti juga bisa menggunakan SPSS maupun AMOS. Hal itu tergantung dari jenis penelitian yang dilakukan. Cara mengolah data dengan menggunakan Ms Excel bisa dimulai dengan melakukan entri data yang telah didapatkan. Anda harus mengetahui skala apa yang Anda gunakan dalam membuat kuesioner yang telah Anda buat. Ada banyak jenis kuesioner yang bisa digunakan. Contohnya saja menggunakan skala likert seperti sangat tidak setuju, tidak setuju, netral, setuju, dan sangat setuju.

Skala likert merupakan salah satu skala yang biasa digunakan oleh peneliti yang menggunakan data kuesioner yang akan diolah. Cara mengolah data kuesioner dengan Excel bisa dilanjutkan dengan cara mengubah semua jawaban yang telah diisi oleh responden dalam bentuk angka. Anda bisa merubah jawaban dari kuesioner menjadi bentuk angka pada Ms Excel. Lakukan coding terlebih dahulu dan buatlah kolom tambahan dengan judul “total” pada kolom terakhir. Lakukan blok dari pertanyaan-pertanyaan dengan menggunakan Rumus Correl.

Setelah Anda melakukan proses tersebut, nantinya Anda akan mendapatkan hasil r hitung atau nilai korelasi dari data yang Anda ketikkan. Anda harus menentukan r hitung dari masing-masing item dari data kuesioner. Setelah itu, barulah Anda bisa menentukan bahwa data tersebut valid atau tidak dengan mencari r table. Setelah mengetahui r table, Anda bisa melanjutkan proses berikutnya menuju perumusan hipotesis dari penelitian yang Anda lakukan. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa menggunakan buku panduan dari beberapa ahli. Itulah sedikit mengenai cara mengolah data kuesioner dengan Excel. Semoga membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel