Ini Dia Cara Mengolah Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Daun pepaya banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan, umumnya dimasak dengan cara direbus atau sebagai bahan campuran pada gulai sayur. Kita tahu daun pepaya rasanya pahit. Namun, ada beberapa cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit dan bisa dinikmati dengan nyaman di lidah. Cara menghilangkan rasa pahit daun pepaya kebanyakan menggunakan cara tradisional warisan leluhur melalui kearifan lokal. Jika Anda memiliki kakek-nenek, mungkin beliau paham detail mengolah daun pepaya ini.

cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit,cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya dan pare,cara merebus daun pepaya agar tetap hijau,tumis daun pepaya untuk ibu hamil,
Baca juga : Kacang Mete

Mengkonsumsi daun pepaya ini memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai anti kanker, menghambat pertumbuhan bakteri dan sebagai antibiotik alami, meningkatkan kekebalan tubuh, anti malaria dan demam berdarah, dan juga membantu mengurangi nyeri haid. Nah, bagi Anda yang tidak menyukai daun pepaya karena rasa pahitnya, maka berikut ini kami rangkumkan informasi untuk Anda bagaimana cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit:

1. Merebus dengan tanah liat

Entah bagaimana leluhur kita menemukan cara ini, tapi nampaknya memang bekerja dengan baik. Anda bisa mendapatkan tanah liat dari pegunungan atau pengrajin keramik. Secara alami, tanah liat hanya terdapat di beberapa tempat saja, tidak semua wilayah. Rebuslah daun pepaya segar dengan tanah liat hingga lunak, atau hingga getahnya hilang. Setelah itu, angkat dan tiriskan, cuci hingga bersih, dan daun pepaya siap dimasak.

2. Merebus dengan daun jambu biji

Cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit selanjutnya adalah merebus bersama jambu biji. Anda bisa mendapatkan daun jambu biji dengan mudah di pasar. Rebus daun pepaya bersama dengan daun jambu biji. Dengan cara ini, Anda harus merebusnya beberapa kali hingga getahnya hilang. Setiap kali merebus, ganti air dengan yang baru. Cara ini memang lebih ribet, namun percayalah, dengan menggunakan tehnik ini, rasa pahit dalam pepaya akan menghilang.

3. Merebus dengan garam kasar

Anda juga bisa mengolah daun pepaya dengan garam kasar (bukan garam meja yang halus). Caranya adalah dengan meremas daun pepaya dengan garam kasar dan ditambahkan sedikit air. Air ini berguna untuk melarutkan getah pepaya. Jika Anda belum yakin pahitnya hilang, ulangi meremas dengan menambahkan garam.

4. Meremas dan cuci ulang

Ini adalah cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit paling mudah. Anda hanya perlu meremas berulang kali hingga getahnya hilang, kemudian cuci dengan air. Lakukan berulang kali hingga getah pepaya hilang dan Anda yakin rasa pahitnya sudah berkurang. Baru kemudian bisa Anda masak.
Itulah berapa cara mengolah daun pepaya sebelum dimasak. Pengolahan ini bertujuan menghilangkan rasa pahit daun pepaya supaya rasanya bisa diterima oleh lidah orang Indonesia. Banyak yang beranggapan pahitnya daun pepaya menghalangi konsumsi, padahal rasa pahit itulah yang menyehatkan tubuh. Meskipun Anda sudah melakukan cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit seperti diatas, rasa pahit akan tetap ada, itu normal. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel