Cara Mengolah Kacang Mete Mentah Dengan Air Garam

Kacang mete pada dasarnya memang sudah enak ketika digoreng. Anda hanya perlu menambahkan garam ketika melakukan sangrai. Cara mengolah kacang mete mentah cukup mudah, Anda hanya perlu menjemur dan menggorengnya saja. Kacang mete berasal dari tanaman yang disebut jambu mete atau jambu monyet. Kacang ini adalah bagian dari biji jambu tersebut. Uniknya, letak dari kacang ini berada di luar buah dan bukan dibagian dalam buah.

cara menggoreng kacang mede pedas manis,cara menggoreng kacang mete agar tidak gosong,cara mengolah kacang mete oven,cara mengupas kacang mete,resep kacang mete goreng tepung,
Baca juga : Mengolah Kentang

Cara Mudah Menghilangkan Getah Kacang Mete

Untuk mengolah kacang mete mentah yang baru saja dipetik, Anda harus memahami terlebih dahulu bahwa kacang ini diliputi oleh getah yang bisa menyebabkan gatal. Oleh karena itu, kita harus menghilangkannya terlebih dahulu. Adapun untuk cara mengolah kacang mete mentah ini bisa dilakukan dengan memulai proses perendaman. Anda bisa menghilangkan getah kacang mete mentah yang baru dipetik. 

Kacang mete mentah Anda rendam dengan air garam. Jika Anda akan mencuci 1kg kacang mete, usahakan air yang digunakan untuk merendam cukup banyak sehingga semua kacang mete terendam sempurna. Setelah itu, tambahkan 3 sendok garam kasar, aduk dan remas-remas kacang mete hingga air menjadi keruh yang artinya getahnya mulai luntur. Ulangi proses tersebut hingga air rendaman menjadi bening, dimana seluruh getah sudah hilang. Kacang mete sudah siap dimasak.

Cara mengolah kacang mete mentah paling mudah adalah dengan menggoreng atau menyangrainya. Menggoreng kacang mete ini, usahakan menggunakan minyak yang cukup sehingga semua kacang mete basah oleh minyak dan tergoreng sempurna. Jika Anda ingin menyangrai, Anda hanya perlu wajan panas dan masukan kacang mete yang sudah dicuci ke dalamnya. Lakukan sangrai atau goreng hingga warna kacang mete berubah dari putih menjadi coklat agak tua, jangan terlalu tua karena mendekati gosong.

Setelah Anda melakukan cara mengolah kacang mete mentah, selanjutnya Anda mendapatkan kacang mete matang yang bisa Anda masak sesuai keinginan. Seperti dijelaskan sebelumnya, kacang mete pada dasarnya sudah enak, menjadikannya toping cake atau kue kering hanya menambah cita rasanya menjadi lebih baik. Namun begitu, kacang mete pun kini bisa diolah menjadi berbagai varian rasa, seperti kacang mete pedas, kacang mete coklat, kacang mete manis dan sebagainya. Tentu dengan berbagai olahan dan varian rasa, akan menjadikan nilai jual dari kacang mete lebih tinggi.

Ya, itulah beberapa cara mengolah kacang mete mentah, mulai dari kacang mete setelah petik hingga aneka olahan kacang mete matang yang bisa bisa dinikmati. Anda bisa menambahkan resep sesuai dengan keinginan Anda. Terlebih lagi jika Anda ingin menjadikan kacang mete ini sebagai bisnis rumahan, varian rasa tentu akan menjadi lebih minat beli para pelanggan. Akhir kata, selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel