Cara Mengolah Kolang Kaling Untuk Obat Yang Efektif

Kolang-kaling merupakan buah dari pohon enau yang biasanya banyak dijual di pasar, terutama saat bulan puasa. Kolang-kolang enak untuk dijadikan campuran es buah maupun dibuat manisan. Teksturnya yang kenyal membuat anak-anak pun menyukai jenis buah yang satu ini. Tapi tahukan Anda, jika kolang-kaling ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan? Untuk mendapatkan manfaat kolang-kaling, ada beberapa cara mengolah kolang kaling untuk obat yang bisa Anda coba dirumah.
Kandungan kolang-kaling untuk obat diantaranya adalah adanya kalsium dalam jumlah tinggi pada buah berwarna putih ini. Selain itu, kolang-kaling mengandung gelatin, karbohidrat, mineral penting seperti zat besi, fosfor dan potasium, berbagai vitamin, serta galaktomannan. Sehingga tidak heran jika kolang-kaling sangat baik sebagai suplemen diet untuk menurunkan berat badan, anti radang sendi, mengurangi rasa nyeri atau anti inflamasi, mencegah osteoporosis, menyehatkan sistem pencernaan, sumber vitamin dan mineral serta menjaga daya tahan tubuh. 

Lalu, bagaimana cara mengolah kolang kaling untuk obat yang benar? Kolang-kaling sebetulnya bisa dikonsumsi dengan berbagai cara sesuai dengan selera Anda. Pertama, pastikan Anda memilih kolang-kaling yang segar. Biasanya kolang-kaling dijual dalam ember atau bak yang besar sehingga tercampur antara yang bagus dan yang tidak. Jika sempat, pilihlah kolang-kaling yang utuh, dengan bentuk bagus sempurna dan bersih. Namun jika tidak sempat, Anda bisa menyortirnya di rumah. 

Langkah kedua adalah cara membersihkan kolang-kaling agar tak berlendir, yaitu dengan air mengalir selama beberapa kali untuk menghilangkan lendir yang menempel. Sebelum direbus, Anda bisa merendamnya dalam air cucian beras atau air leri. Tujuannya adalah agar kolam-kaling tak bau kecut atau asam. Rendam selama beberapa jam, kemudian cuci kembali hingga bersih. Setelah itu, rebus kolang-kaling yang telah dibersihkan. Anda bisa menambahkan gula untuk menambah rasa maupun merebus dengan daun jeruk maupun daun pandan agar harum. 

Merebus kolang kaling tak butuh waktu terlalu lama seandainya Anda memilih kolang-kaling yang bagus dan sudah cukup lunak. Karena pada dasarnya kolang-kaling yang dijual di pasar telah melalui proses pemasakan, yaitu untuk melepaskan kolang-kaling dari kulitnya sekaligus mencegah rasa gatal akibat getah yang menempel. Jadi sebetulnya kolang-kolang tersebut sudah setengah jadi. Tinggal diolah untuk menjadi sajian yang kita inginkan. 

Cara mengolah kolang kaling untuk obat yang penting adalah tidak menambahkan bahan pewarna maupun pemanis. Jika ingin rasa manis pada kolang-kaling gunakan gula secukupnya. Sementara jika ingin membuat kolang-kaling berwarna-warni, gunakan pewarna alami seperti daun suji atau bit untuk merebus. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi kolang kaling tanpa bahan tambahan lainnya jika digunakan untuk obat. Simpan dalam mesin pendingin agar bisa dikonsumsi setiap hari.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
Lifestyle