Cara Mengolah Kerang Dara Agar Tak Bau Amis

Kerang dara adalah salah satu jenis kerang yang rasanya amat lezat. Namun jika tidak pandai mengolah jenis kerang ini, maka masakan kerang dara akan menjadi amis sehingga mengurangi kenikmatan saat menyantapnya. Cara mengolah kerang dara agar tak bau amis sebetulnya tidak sulit. Diantaranya dimulai dari cara pemilihan kerang yang segar, cara membersihkan kerang, perebusan yang benar, serta penambahan bahan-bahan untuk menimbulkan aroma yang lezat dan tidak amis. Hingga kerang dara siap dinikmati.
Pertama Anda harus tahu cara memilih kerang dara yang baik. Jika Anda berencana memasak kerang dara belilah dari penjual makanan laut yang terpercaya di pasar tradisional maupun supermarket, pilihlah kerang dara segar dan baru yang ditandai dengan tidak berbau busuk atau amis. Bila perlu, pilihlah sendiri satu demi satu untuk memastikan kerang dara yang Anda beli benar-benar segar. Hindari membeli kerang dara yang telah diberi bahan pengawet seperti formalin karena berbahaya bagi kesehatan. 

Selanjutnya, cara mengolah kerang dara agar tak bau amis adalah dengan membersihkan cangkang kerang dengan benar. Untuk membersihkan kerang dara yang benar adalah menggunakan sikat atau sabut baja agar kotoran yang menempel pada cangkang benar-benar bersih. Pada proses pembersihan ini, seleksi lagi apakah ada kerang dara yang busuk atau kurang baik. Setelah itu, cuci bersih kerang dara dengan air sebelum kemudian direbus. Perebusan sebelum dimasak diperlukan agar kerang dara nantinya lebih mudah dibuka. 

Langkah berikutnya adalah cara mengolah kerang dara agar tak bau amis dengan merebus bersama beberapa helai serai. Anda juga bisa melumuri kerang dara dengan jeruk nipis peras untuk menghilangkan bau amis setelah atau sebelum direbus. Rebus dalam waktu cukup lama sekitar satu sampai dua jam sampai kerang dara mudah untuk dibuka. Kerang dara yang matang ditandai dengan cangkang yang mulai terbuka. Apabila masih ada kerang yang tertutup rapat padahal yang lain telah terbuka Anda bisa pisahkan untuk direbus ulang.

Setelah kerang dara direbus hingga matang, kini kerang dara siap untuk dimasak sesuai selera. Anda bisa membuat sajian kerang dara dengan saus tiram, kerang dara bumbu merah pedas, kerang dara rebus mentega, kerang dara rebus dengan saus kacang dan sebagainya. Silakan berimprovisasi sendiri sesuai dengan kreativitas Anda. Ada banyak resep kerang dara yang bisa Anda coba. Kerang dara sendiri memang cocok untuk berbagai jenis sajian.

Cara mengolah kerang dara agar tak bau amis mudah bukan? Jika Anda bermaksud menyimpan kerang dara untuk dimasak lain waktu, maka sebaiknya setelah dibersihkan simpan kerang dara dalam wadah kering yang tertutup rapat. Tidak perlu menambahkan atau menyimpan secara direndam karena air bisa membuat media tumbuh bagi bakteri pembusuk. Cukup simpan kerang yang telah bersih berikut wadahnya di dalam freezer.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
Lifestyle