Cara Mengolah Kembang Tahu Dengan Benar

Kembang tahu adalah hasil sampingan dari olahan sari kedelai. Kembang tahu biasanya menjadi pelengkap dalam sajian capcay, bakso, sup dan sejenisnya. Produk ini biasanya dijual dalam bentuk kering dan dikemas dalam plastik. Namun banyak orang yang masih bingung bagaimana cara mengolah kembang tahu yang benar. Karena jika salah dalam mengolahnya, maka kembang tahu akan hancur atau menjadi bubur sehingga tidak bisa dijadikan campuran dalam sup atau capcay. 
Sebelum mulai memasak menggunakan kembang tahu, Anda harus tahu dulu bagaimana cara memilih kembang tahu yang berkualitas. Kembang tahu dipasaran mungkin bentuknya sama saja satu dengan lain, tapi cek sekali lagi apakah sudah kadaluarsa atau belum. Lihat kemasannya, pilih yang utuh, rapat dan belum berlubang. Kemasan yang kurang bagus memungkinkan kontaminasi dengan bakteri atau jamur sehingga kembang tahu mungkin bisa menjadi tengik atau jamuran, yang akan mempengaruhi kualitas masakan Anda nantinya. 

Selanjutnya cara mengolah kembang tahu yang benar bukanlah dengan direndam. Apalagi jika direndam dengan air panas atau air mendidih terlalu lama. Kembang tahu Anda akan terlalu lunak bahkan hancur. Cara yang benar adalah cukup mencelup-celupkan pada air dingin atau air dalam suhu ruang. Kembang tahu akan lunak dengan sendirinya, setelah itu baru dipotong-potong sesuai selera dan jenis masakan yang akan Anda buat. Anda bisa memotong sepanjang 7-10 cm dengan lebar 1-1,5 cm kemudian mengikatnya atau biarkan seperti biasa.

Berikutnya cara memasak kembang tahu tentunya tergantung pada jenis masakan yang akan Anda buat. Jika hendak membuat sup kembang tahu, maka masukan kembang tahu pada sesi terakhir, jangan di awal. Hal ini untuk menghindari kembang tahu menjadi remuk atau overcooked. Sementara pada masakan dengan kuah yang sedikit atau minimalis seperti capcay, maka kembang tahu bisa langsung dimasukkan bersama sayuran, bakso, udang, suwiran ayam dan sebagainya. 

Kembang tahu juga enak dibuat pedas bersama kembang kol, tomat dan cabai. Menumis kembang tahu bersama ikan teri, ikan jambal maupun jenis ikan asin lainnya lalu dimasak pedas juga nikmat dan membuat nafsu makan bertambah. Kembang tahu tidak hanya cocok untuk berbagai masakan berkuah atau tumisan. Jika Anda ingin membuat lumpia, kembang tahu juga bisa dijadikan lumpia goreng yang lezat bersama dengan udang atau ayam. 

Intinya, cara mengolah kembang tahu bisa bermacam-macam sesuai dengan kreativitas Anda sendiri. Mau dimasak kuah, tanpa kuah, kukus, rebus maupun goreng kembang tahu enak dan nikmat. Kembang tahu sama seperti tahu tak memiliki rasa yang spesifik, juga tidak akan mempengaruhi rasa masakan walaupun dimasak dalam jumlah banyak. Karena itu pilihan bumbu dan bahan lainnya menjadi penting agar masakan kembang tahu Anda benar-benar sempurna.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
Lifestyle