Cara Mengolah Jamur Lingzhi Jamur Untuk Panjang Umur

Jamur Lingzhi adalah salah satu jenis jamur yang memiliki banyak khasiat, terutama untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti diabetes, darah tinggi, jantung dan lain sebagainya. Biasanya jamur lingzhi yang dikonsumsi sudah dalam bentuk kemasan, misalnya kapsul, tablet maupun dalam bentuk teh lingzhi yang tinggal diseduh atau direbus. Namun jika Anda tertarik membuat ramuan jamur linzhi sendiri ada beberapa cara mengolah jamur lingzhi hingga siap dikonsumsi. 
Sebelumnya, Anda harus mengenali ciri-ciri jamur lingzhi dan benar-benar yakin bahwa yang akan Anda olah adalah jenis jamur lingzhi bukan jamur beracun atau berbahaya. Karena di dunia ini banyak sekali jenis jamur yang beracun maupun tak beracun dengan ciri-ciri yang mungkin memiliki kemiripan satu dengan lainnya. Apabila Anda mendapatkan jamur linzhi liar dari alam, Anda harus memastikan jenis jamur tersebut. Kecuali jika Anda mengkonsumsi jamur lingzhi dari hasil budidaya yang telah jelas asalnya. 

Jamur lingzhi bisa Anda temukan pada pohon-pohon tua yang lapuk atau mati. Jamur ini cukup tebal antara 2 hingga 5 cm. Sementara diameternya bisa mencapai 3 cm. Jamur lingzhi berbentuk seperti ginjal. Warna jamur ini ada beberapa jenis, yaitu berwarna merah, putih dan hitam. Kandungan jamur lingzhi diantaranya adalah protein, berbagai jenis mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, natrium dan zat besi serta beberapa jenis vitamin. 

Selanjutnya, cara mengolah jamur lingzhi adalah dengan mengeringkan jamur tersebut. Anda sebaiknya menggunakan sinar matahari sebagai cara mengeringkan jamur. Walaupun tradisional, namun mengeringkan secara alami menggunakan sinar matahari akan menjaga khasiat dari jamur tersebut. Setelah kering, gunakan pisau atau alat potong yang tajam untuk memotong-motong jamur lingzhi kering. Iris tipis-tipis jamur tersebut kemudian simpan dalam wadah yang kering dan tidak lembab. Jika benar-benar kering dan disimpan dengan baik jamur linzhi akan tahan lama.

Apabila Anda hendak mengkonsumsi jamur tersebut, cara mengkonsumsi jamur lingzhi adalah dengan merebus lingzhi kurang lebih 1 sendok makan. Campurkan dengan air kurang lebih 600 mili atau 3 gelas. Rebus hingga air berkurang tinggal setengahnya. Setelah itu, minum selagi masih hangat. Sebaiknya untuk merebus jamur lingzhi tidak menggunakan panci aluminium. Anda bisa menggunakan panci dari tanah liat maupun stainless steel. Ramuan jamur lingzhi ini bisa diminum sekali sampai 2 kali sehari sesuai kebutuhan. 

Cara mengolah jamur lingzhi tidak sulit bukan? Sekalipun rasa jamur ini pahit namun memiliki khasiat yang banyak. Selain itu, jamur ini aman dikonsumsi dan tak memiliki efek samping walaupun dikonsumsi dalam jangka panjang. Bahkan banyak yang mempercayai bahwa mengkonsumsi jamur lingzhi secara teratur akan memperpanjang umur, membuat awet muda, membuat tubuh lebih sehat dan seimbang. Tapi tentunya perlu juga dipelajari kajian ilmiah dari jamur ini agar Anda bisa mendapatkan lebih banyak manfaat.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
Lifestyle