Cara Mengolah Jamur Kuping Kering Agar Cepat Lunak Siap Dimasak

Jamur kuping adalah salah satu jenis jamur dengan rasa terlezat yang biasanya digunakan sebagai pelengkap sup dan aneka masakan lainnya, maupun diolah sendiri sebagai tumisan. Rasa jamur kuping begitu menggoda dan menimbulkan sensasi rasa masakan yang lebih kuat. Di supermarket, biasanya jamur kuping dijual dalam bentuk kemasan kering, walaupun ada juga yang menjual dalam bentuk segar. Cara mengolah jamur kuping kering agar bisa dimasak sangat mudah karena memang hanya direndam dalam air untuk lunak kembali. 

cara memasak jamur kuping goreng tepung,cara mengolah jamur kuping basah,cara mengolah jamur kuping hitam,cara mengolah jamur kuping hitam kering,resep sup jamur kuping hitam,
Baca juga : Kulit Manggis

Pada umumnya, cara melunakkan jamur kuping kering yang dilakukan orang adalah dengan merendam menggunakan air panas. Padahal jamur kuping kering bisa lunak walaupun direndam dengan air bersih dengan suhu ruang biasa. Memang jika menggunakan air panas untuk melunakkan jamur kuping kering prosesnya akan lebih cepat. Apabila Anda tergesa-gesa dalam membuat masakan, maka cara ini lebih baik ketimbang merendamnya dalam air biasa. Sebaliknya jika masih ada waktu maka cukup gunakan air biasa saja. 

Cara mengolah jamur kuping kering agar lebih cepat lunak juga bisa dilakukan dengan memotong-motongnya terlebih dahulu sesuai ukuran yang diinginkan. Jamur akan lebih cepat lunak karena air lebih cepat meresap jika jamur telah dipotong atau diiris-iris. Langkah selanjutnya yang dilakukan setelah perendaman dengan air adalah mencuci atau membilas jamur kuping. Orang kadang tidak membilas karena merasa kotoran yang melekat pada permukaan jamur telah larut dalam perendaman, atau khawatir jika rasa dan khasiat jamur berubah. 

Kekhawatiran itu tidak tepat karena rasa jamur tidak berubah walaupun Anda membilasnya sampai bersih. Cara membersihkan jamur kuping kering ini justru akan menghilangkan rasa berpasir yang biasanya ada ketika kita mengkonsumsi jamur kuping kering. Sehingga jamur akan terasa lebih enak, nikmat tanpa sensasi rasa berpasir. Jamur kuping agar lebih tahan lama memang harus dikeringkan sebelum dikemas. Nah, cara mengeringkan secara tradisional dengan cahaya matahari mungkin membuat debu atau pasir melekat.

Jika Anda memasak jamur kuning segar sekalipun Anda tetap harus merendam dengan air hangat sejenak dan membersihkannya dari kotoran yang menempel. Termasuk adanya media tanam jamur kuping yang masih terbawa sedikit saat panen. Setelah itu, iris-iris jamur kuping sesuai selera. Anda bisa memasukan jamur kuping sebelum sayuran lainnya dimasukkan ke penggorengan. Jamur kuping kering yang telah direndam telah lunak, jadi tidak perlu memasaknya terlalu lama. 

Cara mengolah jamur kuping kering mudah bukan? Kini Anda sudah siap memasak jamur kuping kering dan menikmati sajian olahan jamur kuping yang nikmat. Jamur kuping selain enak juga kaya manfaat. Nutrisi yang dikandung jamur kuping sangat berlimpah khasiatnya. Selain itu mengkonsumsi jamur kuping juga meningkatkan cita rasa masakan sehingga membuat nafsu makan meningkat. Oh ya, Anda juga bisa memanfaatkan air rendaman jamur kuping sebagai kaldu yang enak, tentunya setelah dibersihkan dan disaring kotoran atau pasirnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel