Beberapa Cara Mengolah Kulit Manggis Utk Obat Mudah dan Sehat

Kulit manggis telah dipercaya untuk mengobati berbagai penyakit, misalnya kanker, diabetes, TBC, asam urat dan sebagainya. Selain itu, mengkonsumsi kulit manggis juga sangat baik untuk memperkuat daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan yang penting dalam menangkal radikal bebas. Anda bisa mengkonsumsi kulit manggis yang telah diekstrak, namun jika di rumah Anda ada pohon manggis yang rajin berbuah tak ada salahnya mencoba membuat ramuan sendiri. Nah, cara mengolah kulit manggis utk obat tidak sulit, lebih lengkapnya simak penjelasan di bawah ini.

cara mengolah kulit manggis dan daun sirsak,cara mengolah kulit manggis kering,cara mengolah kulit manggis menjadi obat kanker,cara mengolah kulit manggis untuk kecantikan,cara merebus kulit manggis,
Baca juga : Mengolah Lemon

Cara mudah mengolah kulit manggis segar untuk obat adalah dengan membuat jus kulit manggis. Pilihlah manggis yang segar dan tidak busuk, kerok bagian dalam kulit manggis menggunakan sendok atau alat kerok. Kemudian, tambahkan air secukupnya ke dalam blender. Untuk mengurangi rasa pahit pada jus kulit manggis segar, Anda bisa menambahkan gula aren, gula merah maupun gula pasir. Aduk kemudian tambahkan es batu jika perlu. Sebaiknya segera diminum agar tidak terkontaminasi kotoran. 

Bila Anda tidak suka jus, maka cara mengolah kulit manggis utk obat lainnya adalah dengan merebus. Kulit manggis yang telah dibersihkan direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa satu gelas. Kemudian minumlah air rebusan kulit manggis tersebut. Anda bisa menambahkan pemanis seperti gula aren, gula batu atau gula pasir bahkan madu agar rasa tak terlalu pahit. Minumlah air rebusan kulit manggis sesuai dengan dosis untuk menghindari efek samping seperti mual atau muntah. 

Cara mengolah kulit manggis lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengeringkan kulit manggis kemudian menyeduhnya sebagai teh kulit manggis. Agar cepat kering kulit manggis segar, sebaiknya Anda potong atau iris-iris terlebih dahulu. Tempatkan pada wadah bersih seperti nampan atau tampah. Kemudian jemur di panas matahari. Saat menjemur, pastikan kulit manggis tidak terkontaminasi polusi atau kotoran. Jika sudah benar-benar kering, simpan di tempat rapat agar tak berjamur atau lembab. 

Anda bisa memanfaatkan kulit manggis kering untuk obat, caranya dengan menyeduhnya seperti biasa dengan air panas atau air mendidih. Tambahkan gula atau madu untuk menambah cita rasa dan mengurangi rasa pahit. Kulit manggis kering ini sangat praktis dikonsumsi dan bisa dibuat dalam jumlah banyak sesuai kebutuhan Anda. Asal cara pengeringan dan penyimpanannya tepat maka kulit manggis kering higienis dan awet. 

Cara mengolah kulit manggis utk obat baik dengan cara di jus, di rebus maupun disajikan sebagai teh kulit manggis mudah sekali bukan? Tinggal pilih mana cara yang Anda suka sesuai kebutuhan. Untuk menghindari efek samping yang tidak perlu, sebaiknya konsumsi sedikit demi sedikit dan tunggulah reaksinya pada tubuh Anda. Apabila tidak ada gejala keracunan selama beberapa hari, maka Anda bisa menambah dosisnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel