Cara Mengolah Jamur Kancing Sebagai Sajian Yang Nikmat

Indonesia merupakan salah satu negara tropis sehingga banyak tumbuhan yang hidup subur di setiap daerahnya. Banyak jenis tumbuhan bermanfaat, pepohonan, dan sayuran-sayuran hijau yang sehat yang dapat tumbuh dan berkembang di tanah Indonesia. Selain itu, penduduk Indonesia juga bisa menemukan berbagai jenis jamur tumbuh yang dapat diolah sebagai makanan yang lezat sekaligus dimanfaatkan sebagai obat. Cara mengolah jamur kancing sebagai sajian yang lezat dapat dilakukan dengan melakukan tahap-tahap tertentu.

cara budidaya jamur kancing,cara memasak jamur kancing kalengan,resep jamur kancing crispy,resep jamur kancing pedas,resep jamur kancing saus tiram,resep sup jamur kancing,
Baca juga : Jamur Kuping

Rasa jamur kancing memang nikmat untuk diolah sebagai salah satu masakan. Jamur ini biasanya ditemukan di pasar-pasar tradisional, bahkan di supermarket. Jamur ini biasa dijual dalam keadaan yang masih segar. Namun, ada pula jenis jamur yang dijual dalam keadaan yang kering seperti jamur kuping. Jamur kancing yang Anda temukan di pasar sudah merupakan jamur yang siap olah. Namun, jika Anda akan mengolah jamur kancing yang belum siap olah, Anda harus membersihkannya dengan baik agar tidak mengalami keracunan jamur. Bagaimanakah cara mengolahnya?

Inilah Cara Mengolah Jamur Kancing Dengan Benar

Cara mengolah jamur jenis apapun untuk dimasak harus dilakukan secara tepat dan benar. Dengan mengolahnya secara benar, Anda bisa memastikan bahwa jamur tersebut siap diolah untuk menjadi salah satu bahan masakan yang lezat. Ada beberapa jenis jamur yang memerlukan perlakuan secara khusus sebelum diolah sebagai makanan. Salah satunya adalah jamur kancing. Cara mengolah jamur kancing yang pertama adalah dengan membersihkannya menggunakan air. 

Setelah mencuci bersih menggunakan air, Anda bisa mempersiapkan air panas untuk mengolahnya sebagai bahan masakan. Persiapkan terlebih dahulu air di dalam panci. Nyalakan kompor untuk mendidihkan air yang telah dipersiapkan di dalam panci. Cara mengolah jamur kancing berikutnya adalah dengan memasukkan jamur kancing yang telah dibersihkan ke dalam rebusan air yang telah mendidih. 

Anda harus mengaduknya secara merata sehingga semua jamur terendam dalam air yang mendidih. Setelah semua jamur kancing tercampur merata dengan air yang mendidih, diamkan jamur dalam waktu kurang lebih 5 menit. Setelah Anda menunggunya dalam waktu 5 menit, nantinya, akan keluar buih yang berwarna kecoklatan. Ketika sudah keluar buih berwarna kecoklatan, nantinya juga akan keluar aroma bau yang sangat khas. Barulah Anda bisa mengangkat jamur kemudian menyaringnya. Buanglah air dan kemudian bilas jamur yang telah disaring menggunakan air bersih. 

Bilas jamur hingga dua sampai tiga kali untuk memastikan jamur benar-benar bersih. Langkah terakhir adalah dengan meniriskannya. Itulah beberapa langkah yang harus Anda lakukan dalam cara mengolah jamur kancing. Barulah Anda bisa memasaknya sesuai dengan selera Anda. Apakah Anda sudah pernah mencoba memasak olahan jamur kancing? Coba dan rasakan kelezatannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel