Cara Mengolah Ikan Salmon Untuk Bayi Umur 8 Hingga 12 Bulan

Setelah bayi berumur lebih dari 6 bulan, Bunda dapat mulai memberikan makanan tambahan pendamping ASI. Pemberian makanan tambahan dapat dimulai dengan jenis makanan yang mudah dicerna seperti pisang. Kemudian berbagai macam makanan bisa diberikan secara bertahap. Bayi harus mendapatkan makanan yang beragam agar kebutuhan nutrisinya tercukupi dan menjadi terbiasa mengkonsumsi aneka jenis makanan. Ada baiknya jika Bunda mampu mengolahnya sendiri, seperti cara mengolah ikan Salmon untuk bayi
Ikan Salmon merupakan salah satu jenis pangan yang memiliki kandungan nutrisi sangat baik. Ikan ini mengandung protein yang sangat diperlukan dalam pertumbuhan bayi. Selain itu ikan ini juga kaya Omega 3, AHA dan DHA yang penting bagi perkembangan otak, mata dan susunan syaraf. Mengingat besarnya manfaat ikan Salmon, maka akan sangat baik jika Bunda memberikannya sebagai menu makanan pendamping ASI. Bayi yang berumur 8 hingga 12 bulan dapat mengkonsumsi aneka olahan ikan Salmon seperti berikut ini:
  • Nasi tim ikan Salmon

Salah satu cara mengolah ikan Salmon untuk bayi 8 bulan adalah dengan membuat nasi tim ikan Salmon. Nasi tim ini juga dapat ditambahkan dengan sayuran seperti bayam. Bunda dapat memasaknya dengan terlebih dahulu membersihkan ikan dan memotongnya kecil-kecil. Lalu rebus ikan bersama beras. Setelah hampir matang, daun bayam yang sudah dipotong-potong dapat dimasukkan. Jika semuanya sudah matang dan empuk, api bisa dimatikan. Nasi tim ini kemudian diblender untuk membuatnya lebih halus.
  • Bubur kentang ikan Salmon

Selain dibuat menjadi nasi tim, ikan Salmon juga dapat diolah bersama kentang. Resep bubur kentang dan resep nasi tim ikan Salmon untuk bayi 9 bulan akan memberikan nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan terlebih dulu mengukus kentang yang sudah dikupas. Kemudian hancurkan kentang dan masak kembali dengan potongan ikan Salmon dan air susu. Jika sudah matang, bubur ini diblender agar bayi lebih mudah memakannya.
  • Sup ikan Salmon

Bagi bayi yang berumur 11 atau 12 bulan, bisa dibuatkan sup ikan Salmon. Sup ini dibuat dengan menambahkan sedikit bawang merah dan bawang putih. Tambahan gula dan garam juga bisa mulai diberikan. Selain berisi potongan daging ikan Salmon, irisan wortel juga dapat menjadi isi sup. Cara mengolah ikan Salmon untuk bayi seperti ini akan membantunya belajar mengunyah makanan yang lebih kasar.
Ketiga jenis olahan ikan Salmon ini tentu mudah untuk dibuat. Bunda memang harus kreatif dalam mengolah aneka makanan untuk buah hati. Jangan hanya bergantung pada bubur bayi kemasan, karena makanan alami yang dibuat sendiri pasti akan lebih baik. Cara mengolah ikan Salmon untuk bayi yang dilakukan Bunda akan membuat bayi mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
Lifestyle