Cara Mengolah Buah Mengkudu yang Benar agar Tidak Berbau Menyengat

Buah mengkudu adalah buah tradisional masyarakat Indonesia yang sejak lama dimanfaatkan tanamannya, mulai dari buah, bunga, dan daun. Secara spesifik, buah mengkudu banyak dikonsumsi sebagai obat-obatan. Cara mengolah buah mengkudu yang benar tergantung tujuannya. Beberapa suku di Indonesia sudah lama menjadikan mengkudu sebagai obat, di sisi lain, ada yang menggunakannya sebagai bumbu penyedap masakan. Kali ini akan dibahas bagaimana mengolah mengkudu untuk dikonsumsi.

bahaya buah mengkudu,cara mengolah buah mengkudu untuk diabetes,cara mengolah buah mengkudu untuk obat darah tinggi,cara mengolah mengkudu untuk obat kanker,cara merebus buah mengkudu,
Baca juga : Buah Naga

Membuat Olahan Mengkudu Sederhana dan Mudah

Buah mengkudu tumbuh di dataran rendah. Memiliki buah yang berwarna hijau dan akan menjadi putih lunak setelah matang. Ribuan tahun yang lalu, buah mengkudu menjadi salah satu buah yang dikonsumsi seperti buah-buahan pada umumnya. Mengkudu mengandung banyak manfaat, diantaranya antioksidan dan nutrisi. Adapun cara mengolah buah mengkudu yang benar diantaranya bisa dilakukan dengan cara berikut.

Membuat jus mengkudu merupakan salah satu solusi yang menyenangkan. Ini adalah olahan paling populer saat Anda berurusan dengan mengkudu. Caranya, pilih buah mengkudu yang sudah matang tapi masih berwarna hijau. Buah yang hijau ini aromanya tidak terlalu menyengat. Bersihkan buah, kupas kulitnya, dan buang bijinya. Blender mengkudu bersama dengan buah lain seperti apel, untuk menetralisir aroma menyengat. Segera minum setelah jadi, jangan disimpan lebih dari sehari.

Selain dibuat jus, cara mengolah buah mengkudu yang benar salah satunya dibuat sirup. Siapkan buah mengkudu matang warna putih kekuningan, kunyit, jahe, serai, kayu manis, bunga pala, kapulaga, gula pasir, dan air matang. Buat jus mengkudu dengan blender, lalu saring airnya dan buang ampasnya. Selanjutnya, buat sirup rempah dengan merebus semua bahan selain mengkudu tadi. Tambahkan gula sedikit demi sedikit saat hampir matang. Campurkan sari mengkudu dengan sirup rempah.

Selain itu, cara mengolah buah mengkudu yang benar dan mudah bisa dengan membuat rebusan air mengkudu. Caranya adalah siapkan buah mengkudu 2 biji yang sudah matang. Cuci buahnya, kemudian potong tipis-tipis. Selanjutnya rebus buah mengkudu dengan segelas air, rebus hingga menjadi ½ gelas. Ambil air mengkudu dan tambahkan satu sendok madu. Kemudian diminum.

Dan yang terakhir, cara mengolah mengkudu yang benar juga bisa dilakukan dengan mengambil sarinya. Caranya adalah dengan memotong buah mengkudu matang hijau yang sudah dicuci. Kemudian diblender dengan sedikit air, sekedar blender bisa berputar. Kemudian hasil blender disaring. Anda bisa menambahkan madu untuk menetralisir rasa dan aroma menyengat.

Cara mengolah buah mengkudu yang benar ada baiknya Anda lakukan dengan bimbingan orang yang sudah pernah membuat olahan mengkudu. Karena mengolah buah aroma menyengat ini ibaratnya beda tangan beda hasil. Termasuk bagaimana proses pemotongan, menaburkan gula, dan besar api kompor saat mengolah merebus mengkudu. Sangat mudah bukan. Selamat mencoba di rumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel