Cara Input Data dan Cara Mengolah Data Kuesioner Dengan SPSS 17

Seseorang yang sedang mengerjakan skripsi atau tugas akhir biasanya akan belajar menggunakan SPSS. Sebenarnya, SPSS sendiri pasti telah diajarkan dalam mata kuliah sebelum tugas akhir datang. Namun, banyak yang belum mengerti tentang cara menggunakan SPSS sehingga mereka yang akan mengerjakan tugas akhir menggunakan SPSS akan belajar secara dadakan. Cara mengolah data kuesioner dengan SPSS 17 akan digunakan oleh peneliti untuk menguji validitas maupun uji reabilitas terhadap data yang telah didapatkan. 

cara menggunakan spss 23,cara menghitung kuesioner skala likert dengan spss,cara mengolah data angket,cara mengolah data dengan spss 16,cara mengolah data kuesioner dengan excel,
Baca juga : Daun Kersen

SPSS merupakan software yang bisa membantu setiap peneliti dalam menguji data yang diperolehnya. Penggunaan SPSS biasanya digunakan oleh peneliti yang membuat penelitian kuantitatif. Penggunaan software ini sendiri cukup mudah dipahami. Dengan demikian, patutlah mereka yang belajar dadakan tentang SPSS bisa cepat paham dan mengerti. Ketika menggunakan SPSS, banyak rumus dari analisis yang akan dipergunakan. 

Beberapa rumus diantaranya adalah rumus analisis pearson, t-test, rumus analisis dubbin-watson, dan masih banyak lagi rumus analisis lainnya. Peneliti yang menggunakan data kuesioner juga merupakan peneliti yang harus menggunakan SPSS. Lalu, bagaimanakah cara pengolahan data dalam SPSS?

Ini Dia Cara Menggunakan SPSS Untuk Data Kuesionermu

Memilih penelitian dengan menggunakan data kuesioner merupakan pilihan mudah bagi beberapa peneliti. Cara mengolah data kuesioner pun memang cenderung mudah dibandingkan dengan data lainnya. Langkah pertama yang perlu Anda pelajari dalam mengolah data kuesioner adalah dengan menginput data kuesioner dalam SPSS. Hal ini disebut dengan tahapan input data atau data entry. Cara memasukkan data kuesioner ke dalam SPSS bisa Anda mulai dengan membuka tampilan SPSS terlebih dahulu. 

Nantinya, akan ada tampilan seperti yang biasa Anda lihat pada Microsoft Excel. Cara mengolah data kuesinoner dengan SPSS 17 berikutnya adalah dengan menginput data pada kolom “data view”. Anda bisa menginput semua data kuesioner Anda pada tab sheet “data view”. Disana, Anda dapat melihat beberapa menu yang bisa Anda gunakan seperti file, windows, help, edit, view, dan sebagainya. Anda bisa menggunakan menu-menu tersebut untuk membantu proses input data kuesioner ke dalam SPSS. 

Setelah itu, barulah Anda bisa mengolah data seperti untuk menguji validitas maupun untuk menguji reabilitasnya. Setelah mengiput data di SPSS, lanjutkan dengan menekan menu analyze dan scale. Pilihlah menu rebility analysis untuk menguji reabilitasnya. Ketika Anda menemukan menu berbentuk kotak dialog, Anda bisa memilih “alpha” dan lanjutkan. 

Nantinya, akan muncul output yang Anda perlukan. Anda harus membaca output satu per satu dengan sebaik-baiknya untuk memahami reabilitas dari data kuesioner yang telah Anda input. Ya, itulah cara menginput data serta cara mengolah data kuesioner dengan SPSS 17. Langkah-langkah yang dilakukan harus berurutan dan sesuai dengan prosedur. Semoga membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel