5 Manfaat dan Cara Mengolah Chia Seed yang Benar

Chia Seed merupakan salah satu jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman mint yang tumbuh didaerah padang pasir. Biji-bijian ini berasal dari daerah kering Mexico dan Guatemala yang merupakan negara bagian Amerika. Biji Chia Seed ini sudah sangat terkenal digunakan sebagai obat herbal oleh suku Aztec yang merupakan suku pedalaman asli di Mexico. Cara mengolah Chia Seed yang dilakukan oleh suku Aztec sangat sederhana, yaitu dengan mencampurkannya ke dalam berbagai makanan ataupun minuman.

bahaya chia seed,biji chia beli dimana,chia seed sama dengan selasih,chia seed untuk bayi,efek samping chia seed,manfaat chia seed untuk ibu hamil,manfaat chia seed untuk kulit,pohon chia seed,
Baca juga : Data Kuesioner

Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan

Sebelum membahas bagaimana cara mengolah Chia Seed yang benar, Anda juga perlu mengetahui apa saja manfaat dari biji Chia Seed ini. Berikut ini beberapa manfaat Chia Seed untuk kesehatan tubuh:
  • Menurunkan berat tubuh
Efek samping Chia Seed yang pertama, yaitu bisa menurunkan berat tubuh. Kandungan yang ada didalam biji Chia Seed ini sangat efektif untuk membakar lemak yang berlebihan dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak salah jika Chia Seed ini disarankan untuk dikonsumsi pada saat melakukan diet.
  • Meningkat kecerdasan otak
Kandungan omega 3 pada biji Chia Seed ini termasuk tinggi sehingga biji ini sangat efektif untuk meningkatkan kecerdasan otak. Biji Chia Seed ini cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak ataupun orang dewasa.
  • Memperbaiki mood dan meningkatkan nafsu makan anak
Jika Anda masih dalam keadaan mood yang kurang baik, maka cobalah untuk memakan biji Chia Seed ini. Hal ini dikarenakan biji Chia Seed mampu mempengaruhi hormon pengatur emosi sehingga mood bisa kembali bagus. Selain itu, biji Chia Seed ini juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan pada anak.

Cara Mengonsumsi Biji Chia Seed yang Benar

Manfaat Chia Seed ini memang cukup bagus untuk kesehatan tubuh. Namun Chia Seed ini harus dikonsumsi dengan aturan yang benar. Hal ini dikarenakan jika Chia Seed dikonsumsi dengan cara yang salah, maka bisa membahayakan kesehatan tubuh. Bahaya Chia Seed ini bisa sampai menyebabkan kematian. Nah, berikut ini panduan untuk mengolah dan cara mengkonsumsi Chia Seed yang benar:
  • Campur pada makanan yang kaya serat
Cara mengolah biji Chia Seed yang benar yaitu mencampurkannya pada makanan yang kaya serat. Misalnya saja ditambahkan pada salad buah dan sayur. Dengan tambahan Chia Seed maka rasanya akan lebih enak.
  • Masukkan dalam jus dan yoghurt
Untuk Anda yang suka minum jus ataupun yoghurt bisa menambahkan biji Chia Seed secukupnya pada jus atau yoghurt yang akan dikonsumsi. Tambahan Chia Seed ini membuat jus dan yoghurt Anda semakin bergizi.
Cara mengolah Chia Seed ini sangat mudah, hal ini dikarenakan Chia Seed merupakan biji yang siap untuk dikonsumsi. Bentuk dari biji Chia Seed ini memang menyerupai biji wijen, namun warna dari biji Chia Seed ini lebih gelap yaitu berwarna hijau kehitam-hitaman. Dalam mengkonsumsi biji Chia Seed sangat disarankan untuk tidak berlebihan. Selain itu, pastikan jika Anda banyak minum air putih setelah makan biji Chia Seed ini. Hal ini disebabkan biji Chia Seed banyak menyerap air dalam tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel