4 Cara Mengolah Sayuran Untuk Diet yang Benar

Salah satu cara untuk diet yang paling praktis adalah dengan menjaga pola makan. Memperbanyak makan sayur adalah salah satu cara menjaga pola makan pada saat diet. Namun sayangnya, banyak orang yang dietnya gagal walaupun sudah mengkonsumsi banyak sayuran. Hal ini dikarenakan dalam mengolah sayuran untuk diet tidak benar atau kurang tepat. Cara mengolah sayuran untuk diet memang sedikit berbeda dibandingkan untuk konsumsi biasa. Dalam mengolah sayuran untuk diet sangat tidak disarankan untuk dimasak dengan minyak.

cara memasak sayuran tanpa minyak,cara membuat makanan diet dari kentang,resep makanan diet praktis,resep masakan diet rendah kalori,resep masakan diet sederhana,resep sup untuk diet,
Baca juga : Tahu Putih

Cara mengolah sayuran untuk diet tidak hanya memperhatikan bahan pendamping lainnya saja, tapi juga harus memperhatikan proses pengolahannya. Berikut ini beberapa saran pengolahan sayuran untuk diet:
  • Dimakan langsung

Cara pertama mengolah sayuran untuk diet adalah dengan dimakan langsung. Beberapa sayuran yang baik untuk diet seperti tomat, bayam, wortel, dan lain sebagainya bisa langsung dikonsumsi tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Bagi Anda yang akan mengkonsumsi langsung sayuran mentah harus dicuci terlebih dahulu sampai bersih. Selain itu, sayuran mentah ini juga bisa dimakan bersama dengan sambal tradisional yang lezat.
  • Dibuat salad

Sayuran untuk diet memang sangat disarankan untuk diolah tanpa menggunakan minyak. Salah satu cara memasak sayuran tanpa minyak adalah dengan membuatnya menjadi salad. Anda bisa mencampurkan berbagai sayuran segar dan buah segar yang bagus untuk diet kemudian tambahkan sedikit mayones dan madu. Salad sayur ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu makan malam Anda. Agar diet Anda sempurna maka gunakanlah mayones tanpa rasa.
  • Direbus

Cara memasak sayuran untuk diet yang paling aman dan tidak mengandung minyak adalah direbus. Sayuran yang sangat cocok untuk diet dan diolah dengan cara direbus adalah kentang. Cara membuat makanan diet dari kentang ini memang cukup praktis dan mempunyai rasa yang enak. Kentang rebus ini bisa dikonsumsi dengan tambahan saus sambal kacang.

Ditumis dengan minyak zaitun

Memasak sayuran untuk diet memang tidak disarankan untuk menggunakan minyak goreng. Namun jika Anda bosan dengan menu sayuran rebus dan salad, maka bisa mengolah sayuran ini dengan cara ditumis. Menumis sayuran untuk diet yang benar adalah dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa. Kandungan lemak dan kolesterol pada minyak ini lebih sedikit sehingga aman untuk dikonsumsi pada saat Anda melakukan diet. Selain itu, pastikan tidak menumis sayuran terlalu matang, cukup 3 menit saja dalam menumisnya.

Dalam menyajikan menu diet, tidak hanya pengolahannya saja yang diperhatikan, tapi juga jenis sayuran yang akan dikonsumsi. Jika cara mengolah sayuran untuk diet sudah benar tapi sayuran yang digunakan tidak mencukup kebutuhan serat tubuh pada saat diet, maka diet Anda akan percuma. Oleh karena itu, ketika Anda melakukan diet dengan mengkonsumsi sayuran harus memilih sayur yang tepat dan diolah dengan cara yang benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel