Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Minuman Yang Sehat dan Segar

Lidah buaya atau aloevera merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah sekali tumbuh terutama di Indonesia. Tanaman ini memiliki banyak khasiat, baik untuk kesehatan atau kecantikan. Selain itu, lidah buaya juga bisa dijadikan bahan minuman yang sehat dan segar. Cara mengolah lidah buaya menjadi minuman tidak sulit. Anda pun bisa mencobanya sendiri di rumah, untuk merasakan nikmatnya minuman yang tidak hanya mengatasi dahaga tapi juga bisa mengatasi radang tenggorokan dan manfaat lainnya. 

cara menghilangkan lendir lidah buaya,cara mengolah lidah buaya menjadi manisan,cara mengolah lidah buaya menjadi nata de coco,cara mengolah lidah buaya untuk wajah,
Baca juga : Mengolah Lidah Buaya

Aneka jenis minuman lidah buaya sebetulnya sudah banyak beredar dipasaran. Misalnya dalam kemasan lidah buaya dan nata de coco. Namun jika Anda memiliki stok lidah buaya yang banyak di rumah, kenapa tidak mencoba cara membuat minuman lidah buaya yang segar dan sehat? Selain tanpa tambahan pengawet, minuman lidah buaya homemade tentunya lebih enak dan kaya manfaat. Aman dikonsumsi oleh balita dan anak-anak walaupun dalam jumlah banyak karena tak mengandung pengawet dan pemanis buatan. 

Cara mengolah lidah buaya menjadi minuman mula-mula diawali dari memilih lidah buaya yang cocok. Lidah buaya untuk minuman sebaiknya pilih yang berdaging tebal dan tua sehingga isi lidah buaya dibalik kulit tersebut bisa cukup banyak untuk Anda nikmati. Setelah itu, cuci bersih lidah buaya. Potong lidah buaya menjadi beberapa bagian. Kemudian kupas kulit lidah buaya dengan hati-hati dalam sekali iris. Pastikan menggunakan pisau yang tajam agar dagingnya tidak hancur. Sisakan hanya daging daun yang berwarna bening. 

Setelah itu, potong dadu daging lidah buaya tersebut dengan ketebalan sekitar 1-1,5 cm atau tergantung selera. Jika sudah, maka cuci potongan lidah buaya tersebut dengan air matang sampai lendirnya menghilang. Anda bisa menambahkan sedikit garam untuk mencuci lidah buaya secukupnya saja. Jika sudah bersih dan tidak berlendir, maka cara mengolah lidah buaya selanjutnya adalah merebus dalam air mendidih selama beberapa saat. Anda bisa masukan beberapa lembar daun pandan atau kayu manis untuk menghilangkan bau langunya. 

Setelah direbus, tiriskan lidah buaya tersebut. Kemudian siapkan jenis minuman yang akan Anda buat. Minuman lidah buaya nikmat disajikan bersama perasan lemon, jeruk nipis, maupun biji selasih atau basil seeds. Tambahkan gula pasir atau gula batu sesuai selera. Anda juga boleh mencampurkan beberapa sendok sirup jika perlu. Sajikan bersama es batu. Minuman lidah buaya bisa menjadi teman berbuka puasa yang sehat dan berkhasiat. 

Cara mengolah lidah buaya menjadi minuman mudah bukan? Lidah buaya juga bisa dijadikan jus lidah buaya yang sehat dan enak. Cukup campurkan potongan lidah buaya yang telah direbus ke dalam blender, tambahkan gula dan air secukupnya. Jus lidah buaya juga bisa disimpan selama beberapa hari dimesin pendingin apabila cara penyimpanannya tepat. Jus ini ampuh mengatasi radang tenggorokan maupun panas dalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel