Tips Memilih dan Cara Mengolah Kerang Hijau

Anda mungkin pernah merasakan bagaimana lezatnya kerang hijau. Jenis kerang yang satu ini memang banyak ditemui di berbagai rumah makan atau restoran di Indonesia. Harganya pun tidak terlalu mahal, sehingga menjadi salah satu seafood yang paling populer. Sebenarnya, Anda sendiri pun dapat mengolah kerang hijau di rumah dan memasaknya sebagai salah satu hidangan favorit keluarga. Selain lezat, makanan ini juga kaya akan zat gizi. Tetapi sebelum mulai memasak, sebaiknya ketahui dulu tips memilih dan cara mengolah kerang hijau

Tips Memilih Kerang Hijau

Kerang hijau yang lezat, tetap harus dapat dihidangkan secara sehat. Untuk itu, diperlukan pengetahuan dan ketrampilan dalam memilihnya. Dengan demikian Anda dapat memperoleh kerang terbaik yang akan dimasak menjadi berbagai jenis makanan, seperti resep kerang hijau asam manis. Saat membeli kerang, sebaiknya Anda memilih yang masih dalam keadaan hidup. Kerang tersebut tidak boleh memiliki bau yang busuk, berbau bahan-bahan kimia, ataupun berlendir. 

Saat membeli kerang hijau, pilihlah yang cangkangnya masih dalam kondisi tertutup rapat. Jangan mengolah kerang yang cangkangnya sudah tidak utuh, pecah ataupun terbuka. Belilah kerang tersebut di supermarket atau penjual ikan yang terpercaya. Hal ini untuk mengantisipasi kerang yang ditangkap dari perairan yang sudah tercemar. Saat Anda melakukan cara mengolah kerang hijau dirumah, singkirkan kerang-kerang yang tidak mau terbuka walaupun sudah di rebus. Kerang tersebut bisa dipastikan sudah mati sebelum diolah.

Cara Membersihkan dan Mengolah Kerang Hijau

Setelah membeli kerang hijau terbaik, maka saat tiba di rumah Anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Cara membersihkan kerang hijau dilakukan dengan mencucinya dibawah kucuran air bersih yang mengalir, sambil membuang kotoran-kotoran yang melekat pada cangkangnya. Bersihkan kerang tersebut satu-persatu hingga semua rumput laut dan partikel-partikel lainnya terbuang. Kemudian hilangkan juga serabut dari kerang tersebut, dengan menggunakan pisau jika diperlukan. Serabut ini perlu dihilangkan karena rasanya kurang enak. 

Kerang hijau dapat dimasak dengan berbagai cara. Bisa direbus, dikukus, ditumis, digoreng, dibakar atau dipanggang. Tetapi cara apapun yang dilakukan untuk memasaknya, pastikan kerang ini direbus terlebih dahulu. Setelah itu baru diolah lebih lanjut sesuai dengan selera. Dalam memasak kerang hijau, dianjurkan juga untuk menggunakan berbagai bumbu masak yang aromanya tajam. Dengan demikian kerang tidak lagi berbau amis, bahkan menjadi lebih sehat. 

Dengan tips memilih dan cara mengolah kerang hijau yang benar, tidak hanya makanan lezat yang terhidang di meja makan, tetapi juga makanan yang sehat. Kerang hijau memang mengandung berbagai nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan. Jika mengkonsumsinya, maka kadar kolesterol jahat dapat turun, jantung menjadi lebih sehat, bahkan kecerdasan anak pun dapat meningkat. Karena itu kemampuan dalam memilih dan mengolah kerang hijau yang Anda miliki akan sangat bermanfaat bagi keluarga tercinta.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
Lifestyle