Berbagai Cara Mengolah Buah Bit Yang Benar dan Enak

Buah bit merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan zat besi dan antioksidan. Buah bit bermanfaat untuk mencegah anemia atau kekurangan darah, meningkatkan kadar Hb dalam darah, menjaga daya tahan tubuh dari penyakit dan lain sebagainya. Buah berwarna merah pekat yang rasanya cenderung mirip dengan ubi ini bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Anda pun sebaiknya tahu cara mengolah buah bit yang benar agar kandungan gizi di dalamnya tetap terjaga. 

budidaya buah bit,cara mengolah buah bit untuk bayi,cara mengolah buah bit untuk ibu hamil,cara mengolah buah bit untuk meningkatkan hb,cara mengolah buah bit untuk mpasi,harga buah bit,
Baca juga : Buah Coklat

Kandungan gizi dalam buah bit maupun jenis buah-buahan lainnya akan berkurang apabila cara mengolahnya tidak tepat. Misalnya pemanasan yang berlebihan dengan cara digoreng akan membuat nilai gizi suatu bahan menjadi hilang atau berkurang. Bagaimana dengan bit? Cara mengolah bit agar gizinya tetap terjaga adalah dengan mengkonsumsinya sebagai raw food, atau sajikan segar. Yaitu dengan dibuat jus atau diblender bersama sedikit air, gula atau susu. Jus bit segar ini bisa cepat diserap tubuh dan lebih praktis dibuat.

Namun tidak semua orang suka dengan makanan mentah. Maka bagaimana cara mengolah buah bit yang benar agar tetap bisa dinikmati manfaatnya? Anda harus lebih kreatif dalam mencoba berbagai jenis makanan dan minuman yang berbahan buah tersebut. Anda bisa membuat kue berbahan buah bit. Sama halnya dengan cake pisang, cake tape dan sejenisnya. Buah bit pun bisa dicampurkan ke dalam berbagai jenis cake. Blender saja buah bit lalu campurkan ke dalam adonan kue Anda. 

Resep olahan buah bit yang lain adalah membuat mie dengan campuran buah bit. Mie homemade dengan buah bit akan menghasilkan warna mie yang merah alami. Campurkan buah bit dengan tepung terigu, garam, margarin dan pulung hingga menjadi adonan mie. Kemudian gunakan penggiling khusus mie. Mie bisa langsung diolah atau bisa disimpan sejenak di dalam mesin pendingin untuk dimasak lain waktu. Selain mie, donat bahkan brownies berbahan buah bit juga nikmat. 

Buah bit sangat fleksibel untuk digunakan ke dalam berbagai makanan. Hal ini karena buah ini sebetulnya tidak memiliki rasa dan aroma yang spesifik. Sebaliknya buah bit cocok sebagai pewarna makanan alami yang sehat. Apabila dikukus rasa buah bit mirip seperti rasa ubi biasa. Sehingga buah ini pun bisa dijadikan campuran berbagai jenis makanan dan kue-kue lainnya tanpa mengganggu rasa alami dari kue-kue tersebut. 

Namun, jika ingin mendapatkan secara cepat manfaat buah bit, maka cara mengolah buah bit yang benar dan efektif serta praktis adalah dengan mengkonsumsi bit secara mentah. Baik dengan cara dijus atau diblender. Selain kandungan gizi di dalam bit lebih terjaga, kandungan gizi buah bit juga akan lebih cepat diserap oleh tubuh. Mengkonsumsi jus buah bit setiap hari akan membuat Anda lebih bugar, lebih sehat dan tahan terhadap serangan penyakit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel