4 Cara Mengolah Tanah Agar Subur yang Paling Mudah

Tanah Indonesia terkenal dengan tanah yang subur dan mempunyai banyak unsur hara sehingga sangat cocok untuk ditanami berbagai tumbuhan. Namun sayangnya, tanah yang tidak dirawat dengan baik akan kehilangan unsur hara alami sehingga menjadi kering dan tandus. Namun tenang saja, tanah yang kering dan tandus bisa diolah agar menjadi subur kembali. Cara mengolah tanah agar subur kembali bisa dilakukan dengan banyak cara. Nah, dalam pembahasan kali ini akan diberikan beberapa cara yang mudah dan efisien untuk membuat tanah kembali subur.
Pada dasarnya, cara mengolah tanah agar subur kembali bisa dilakukan dengan 4 cara yang mudah. Berikut ini cara menyuburkan tanah dengan cepat yang paling mudah:
  • Dibajak atau digemburkan kembali

Salah satu cara untuk mengolah tanah agar menjadi subur kembali adalah dengan membajaknya. Membajak tanah ini bisa dilakukan dengan menggunakan traktor. Biasanya pembajakan dilakukan sebelum memasuki masa penanaman kembali. Untuk tanah kering pembajakan dilakukan tidak hanya satu kali saja. Dengan pembajakan, maka lapisan tanah dalam yang masih banyak unsur haranya bisa terangkat ke permukaan sehingga tanah menjadi subur kembali.
  • Disiram dengan air secara rutin

Selain dibajak dengan menggunakan traktor, cara menggemburkan tanah juga bisa dilakukan dengan cara melakukan penyiraman. Cara ini sangat efektif untuk membuat tanah yang kering menjadi subur kembali. Untuk membuat tanah menjadi subur dengan teknik penyiraman ini dibutuhkan waktu yang cukup lama dan juga harus dilakukan secara rutin. Intensitas air yang disiramkan juga harus banyak jika tanah sangat kering.
  • Diberi pupuk

Memberi pupuk adalah salah satu cara paling mudah dan efektif untuk membuat tanah kembali subur. Pemberian pupuk pada tanah bisa mempercepat pembentukan zat hara pada tanah sehingga tanah yang tadinya tandus bisa kembali subur. Pupuk yang digunakan bisa pupuk kimia ataupun pupuk biologis yang berasal dari kotoran hewan. Jika tanah sangat tandus dan kering, maka sangat disarankan untuk menggunakan pupuk biologi berupa kotoran hewan.
  • Diolah dengan metode layering

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menyuburkan tanah adalah dengan melakukan layering. Layering ini merupakan metode yang dilakukan dengan menimbun sampah organik pada tanah. Metode ini bisa dilakukan dengan cara menggali tanah yang akan disuburkan kemudian menumpukinya dengan sampah organik dan pupuk organik. Setelah itu, tutup kembali dengan tanah, dan beri sampah organik lagi. Lakukan sampai berlapis-lapis dengan tumpukan sesuai dengan kebutuhan. Dengan cara ini, maka tanah akan menjadi subur kembali dalam jangka waktu beberapa bulan.
Dengan 4 cara mengolah tanah agar subur ini, Anda bisa membuat tanah Anda yang sudah kering bisa kembali subur dan bisa ditanami banyak tanaman. Setelah tanah menjadi subur kembali, maka sangat disarankan jika Anda menjaga kesuburan tanah dengan cara melakukan pergantian tanaman atau rotasi tanaman setiap beberapa tahun sekali. Penggantian tanaman ini dilakukan untuk membuat tanah menjadi lebih subur.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
Lifestyle