Cara Mengolah Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah naga mungkin sudah lama kita ketahui. Tapi bagaimana dengan kulit buahnya? Ternyata kulit buah naga juga memiliki khasiat yang tidak kalah penting, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Khasiat-khasiat ini bisa didapatkan berkat kandungan alami yang terdapat di dalamnya. Karena itu setelah mengkonsumsi buahnya, sebaiknya kulit tersebut jangan dibuang. Lakukan cara mengolah kulit buah naga seperti pada artikel ini, sehingga semua manfaatnya dapat diperoleh. 

Kandungan Kulit Buah Naga dan Manfaatnya

Kulit buah naga memiliki warna merah keunguan. Warna tersebut diperoleh dari senyawa antosianin yang terkandung di dalamnya. Senyawa antosianin merupakan antioksidan yang sangat kuat. Senyawa ini mampu menangkal radikal bebas dan menghentikan reaksi pembentukan sel-sel tumor dan kanker. Selain antosianin, kandungan gizi kulit buah naga juga sangat tinggi. Kulit buah ini mengandung vitamin B1, B2, B3, B3, C dan E. Berbagai mineral seperti kalsium dan fosfor juga dikandungnya. Kulit buah naga juga kaya serat dan senyawa-senyawa berkhasiat lainnya.

Kulit buah naga yang mengandung banyak senyawa berkhasiat mampu memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kulit buah naga dapat mencegah sekaligus menghambat pertumbuhan sel kanker. Penyakit diabetes dan jantung pun dapat dilawan dengan mengkonsumsi produk-produk hasil dari cara mengolah kulit buah naga. Vitamin B3 yang dikandungnya mampu menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Manfaat lain dari kulit buah naga adalah melenturkan pembuluh-pembuluh darah, berkat senyawa triyepene pentacyclic dan taraxast di dalamnya. Kalsium dan fosfor pada kulit tersebut juga sangat penting bagi tulang dan gigi yang kuat. Sedangkan untuk kecantikan, kulit buah naga yang kaya vitamin E dapat melembabkan kulit. Antioksidannya akan mencegah terjadinya penuaan dini, sehingga kerutan, noda hitam dan kulit kusam dapat dihindarkan. Jerawat dan komedo pun dapat hilang dengan bantuan kulit buah naga. 

Cara Untuk Mengolah Kulit Buah naga

Kulit buah naga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Kita bisa membuat pudding, keripik dan jus kulit buah naga. Jika ingin dapat menyimpan kulit buah naga dalam waktu lama, maka mengolahnya menjadi teh adalah cara terbaik. Teh ini kemudian dapat dikonsumsi kapan saja. Untuk membuatnya, kulit buah naga dipotong kecil-kecil, kemudian dijemur dibawah sinar matahari. Setelah cukup kering, bisa disimpan di tempat tertutup. Kulit kering ini kemudian dapat diseduh seperti teh dan diminum airnya. 

Manfaat kulit buah naga untuk kecantikan dapat diperoleh dengan membuat dan menggunakan maskernya. Cara mengolah kulit buah naga untuk dijadikan masker adalah dengan mengambil bagian dalam kulit, yang teksturnya lembut. Sedangkan kulit luar yang keras dan kasar bisa dibuang. Setelah itu, hancurkan dan oleskan pada wajah sebagai masker. Dengan cara ini maka kelembaban dan kecantikan kulit dapat selalu terjaga.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
Lifestyle